News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Optimalisasi Penguasaan Pasar Halal Indonesia Lewat Halal Indo 2024

Penulis: Lita Febriani
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sekretaris Jenderal Kemenperin Eko SA Cahyanto. Halal Indo 2024 menjadi wadah memperkenalkan industri halal Indonesia yang juga sejalan dengan program kerja Kemenperin. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus melakukan sinergi dan kolaborasi dengan para stakeholder dalam pengembangan dan pemberdayaan industri halal nasional. 

Selain untuk pengembangan industri halal di Indonesia upaya tersebut sekaligus optimalisasi penguasaan pasar halal, baik lokal maupun global.

Bentuk nyatanya lewat Pameran Halal Indonesia atau Halal Indo 2024, yakni pameran industri halal berlevel internasional yang diisi oleh produk-produk halal terbaik dari Indonesia.

Baca juga: Menparekraf Ajak Masyarakat Pakai Produk Kreatif dan Halal

Sekretaris Jenderal Kemenperin Eko SA Cahyanto, mengatakan Halal Indo 2024 menjadi wadah memperkenalkan industri halal Indonesia yang juga sejalan dengan program kerja Kemenperin. 

"Pameran tersebut juga sejalan sejalan dengan program kerja Kementerian Perindustrian untuk mendorong peningkatan daya saing industri halal, yang meliputi perluasan akses pasar, literasi, edukasi, kampanye, sosialisasi, promosi industri halal, juga peningkatan awareness masyarakat terhadap industri halal nasional," jelas Eko dalam keterangan resmi, Selasa (24/9).

Berkolaborasi dengan Dyandra Promosindo, isu halal dikemas dalam bentuk expo untuk dapat menggaet perhatian generasi muda, komunitas, serta siapapun yang memiliki ketertarikan besar terhadap perkembangan industri halal di Indonesia. 

Kemenperin akan menghadirkan sekitar 200 tenant pelaku industri halal Indonesia, yang meliputi industri fesyen dan apparels, industri kosmetik, industri makanan dan minuman, industri keramik dan tableware, industri farmasi, industri aneka, serta kawasan industri halal. 

Pameran tersebut juga diisi dengan kegiatan-kegiatan menarik lainnya, meliputi Business Matching, rangkaian Talk Show dan layanan Konsultasi Halal.

Lewat keikutsertaan dalam Halal Indo 2024, Kemenperin ingin menunjukkan bahwa isu halal dekat dengan kehidupan sehari-hari, dan masyarakat diajak untuk berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan industri halal.

Halal Indo 2024 akan berlangsung pada 26-29 September 2024 di Hall 9 dan 10 Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City. Nantinya, lebih dari 500 perusahaan yang berpartisipasi. 

Halal Indo 2024 menargetkan kehadiran 15.000 pengunjung dari lebih dari 35 negara yang akan berpeluang meningkatkan kerja sama maupun investasi pada ranah industri halal. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menghubungkan industri halal di seluruh dunia.

Selain itu, akan ada penganugerahan Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) yang telah memasuki tahun keempat pada 2024 ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini