News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Menteri Bahlil: Penerapan Energi Baru Terbarukan Perlu Komitmen Kuat Tidak Hanya Omon-Omon

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia usai menghadiri acara Kumparan Green Initiative Conference di Hotel Borobudur, Rabu (25/9/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia menegaskan, pemerintah perlu memiliki komitmen yang kuat agar penerapan energi baru terbarukan (EBT) berjalan di Indonesia.

"Untuk mendorong ke energi baru terbarukan, ini butuh komitmen yang kuat. Tidak hanya sekedar omon-omon," kata Bahlil di Hotel Borobudur, Rabu (25/9/2024).

"Percaya sama saya, sampai ayam tumbuh gigi, kalau cuma kita bicara tentang konsep bisnis ass ussual, nggak akan pernah terwujud kalau nggak ada komitmen yang kuat," sambungnya.

Baca juga: Menteri Bahlil Ungkap Rencana Indonesia Ekspor Listrik EBT: Harus Hati-hati 

Menurut Bahlil, Indonesia sudah memiliki sumber daya alam yang bagus didorong dengan konsep dari pemerintah dan berbagai pihak terkait diyakini bakal bisa menciptakan tercapainya target emisi karbon dan bauran EBT.

Pemerintah menargetkan bahwa di tahun 2060 Indonesia bisa mencapai nol emisi karbon atau Net Zero Emission (NZE).

"Jadi konsep bagus, sumber daya alam bagus, tapi kalau tidak ada komitmen yang tinggi untuk kita mengeksekusi, ini bagai ikan punggung merindukan bulan. Nggak akan pernah terwujud," jelas Bahlil.

Selain itu, Bahlil meyakini pemerintah dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Presiden terpilih Prabowo Subianto memiliki satu pandangan untuk menciptakan EBT di tanah air. Bahkan, Bahlil mengaku dirinya ditugaskan untuk membuat peta jalan untuk mengimplementasikan hal tersebut.

Baca juga: Pembangunan Smelter Dinilai Dapat Tingkatkan Hilirisasi Industri

Kata Bahlil, jika EBT ini sudah diterapkan di Indonesia akan berdampak pada pendapatan negara akan naik dan menciptakan 1 juta lapangan kerja.

"Saya yakin dan percaya bahwa dari pemerintahan ke depan, sekarang juga begitu, ke depan juga begitu, Pak Prabowo dan Pak Jokowi sudah memberitahu kepada saya, segera membuat roadmap untuk implementasi dalam menuju kepada green energy, termasuk mobil-mobil listrik, baterai-baterai listrik, kita akan konversi motor-motor yang fosil menjadi motor listrik," ungkapnya.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini