News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemindahan Ibu Kota Negara

Kemenhub: Seluruh Transportasi IKN Gunakan Kendaraan Bebas Emisi

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kawasan inti pemerintahan IKN. Pemerintah bakal mendorong setiap ekosistem di IKN, termasuk transportasi yang menggunakan energi ramah lingkungan.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mendorong ekosistem transportasi ramah lingkungan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Plt. Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Muhammad Fahmi menyampaikan, saat ini pemerintah sudah mulai menerapkan agar transportasi umum di IKN menggunakan kendaraan bebas emisi.

"Ya jadi memang kita sudah mulai, kawasan IKN berbasis kendaraan bebas emisi. Nah itu sudah kita canangkan dan sudah berjalan," ujar Fahmi di Jakarta, Kamis (26/9/2024). 

Fahmi berujar, pemerintah bakal mendorong setiap ekosistem di IKN, termasuk transportasi yang menggunakan energi ramah lingkungan.

Baca juga: Groundbreaking ke-8 di IKN: Investasi Mencapai Rp 1,2 Triliun, Mulai Ada Investor Asing

"Memang di IKN apapun ekosistem IKN yang harus mendukung green energy atau transportasi hijau. Kami dari Kemenhub sangat support dengan iklim yang ada di IKN," tutur Fahmi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerangkan, bahwa IKN akan menggunakan energi hijau. Semua kendaraan di IKN harus merupakan kendaraan listrik.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan kepada kepala daerah se-Indonesia di IKN, Selasa (13/8/2024). 

Jokowi mengatakan bahwa di IKN saat ini telah menggunakan 100 persen energi hijau.

"Dan juga ke depan, nanti juga akan menjadi tren penggunaan energi hijau. Di sini juga, sampai saat ini 100 persen sudah menggunakan energi hijau," kata Jokowi.

Sedangkan, Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2022 tentang Perincian Rencana Induk Ibu Kota Nusantara, pembangunan IKN mengadopsi kota hutan (forest city) menjadi solusi berbasis alam (nature based solution).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini