News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Emiten RAJA Bukukan Kenaikan Laba 60,7 Persen

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jajaran direksi PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) di acara paparan publik tahunan, Kamis (17/10/2024).

 

TRIBUNNEWS.COM. JAKARTA - Emiten PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) mengumumkan kenaikan laba perseroan sebesar 60,7 persen sebesar 16 juta dolar AS di semester I 2024 seperti diumumkan dalam paparan publik tahunan, Kamis (17/10/2024).

Ogi Rulino, Direktur Perseroan, menyampaikan perusahaan berhasil mencatatkan kinerja keuangan yang solid pada paruh pertama tahun 2024 dengan membukukan pendapatan 123,5 juta dolar naik 67,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pertumbuhan laba didorong oleh peningkatan penjualan gas dan tarif transmisi jaringan pipa di Perawang, Riau.

Selain itu, juga kontribusi dari Stasiun Induk CNG di Grobogan yang mulai beroperasi sejak Desember 2023, serta investasi di Blok Jabung, turut memperkuat kinerja keuangan perusahaan.

Dalam paparan publik ini, Perseroan menyampaikan sejumlah rencana proyek strategis yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan bisnis serta mendukung transisi energi nasional.

 Dari beberapa proyek yang sedang dijajaki, Perseroan telah mengonfirmasi dua proyek utama kepada publik, yaitu pembangunan pipa Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kalimantan Timur yang ditargetkan beroperasi pada kuartal keempat tahun 2026, serta pembangunan Fasilitas Kompresor Gas di Sulawesi Selatan dengan target operasi pada kuartal keempat tahun 2025.

Selain kedua proyek tersebut, Perseroan juga tengah aktif dalam tahap negosiasi dan finalisasi untuk beberapa proyek strategis lainnya.

Di antaranya adalah studi kelayakan pembangunan Terminal LNG, akuisisi saham partisipasi dalam blok migas di Indonesia Timur, dan menjalin kerja sama dengan perusahaan energi terbarukan asal Timur Tengah untuk mengikuti tender Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di beberapa wilayah di Indonesia.

Direktur Perseroan, Bapak Sumantri, menegaskan, 'Proyek-proyek strategis ini merupakan wujud nyata komitmen RAJA dalam memperkuat infrastruktur energi nasional serta mendukung upaya transisi menuju energi yang lebih bersih.

Sejalan dengan visi kami, RAJA berkomitmen untuk menjadi perusahaan energi terdepan di Indonesia yang mengedepankan prinsip keberlanjutan.

Baca juga: Kinerja Keuangan Moncer, BSI Cetak Pertumbuhan Laba 20,28 Persen

Menutup paparan ini, Bapak Djauhar Maulidi selaku Direktur Utama Perseroan, menyampaikan visi jangka panjang Rukun Raharja untuk menjadi perusahaan energi terintegrasi terkemuka yang berkomitmen pada transisi energi.

Rencana strategis Perseroan mencakup fokus pada pengembangan energi baru terbarukan, optimalisasi kinerja bisnis utama di sektor hulu, tengah, dan hilir, serta ekspansi ke bisnis LNG dan petrokimia yang bernilai tambah tinggi. 

Baca juga: PGN Bukukan Laba Bersih Rp2,8 Triliun di Semester I-2024

Dengan langkah-langkah ini,  Perseroan tidak hanya menjawab tantangan perubahan iklim, tetapi juga turut membangun ekosistem energi yang lebih berkelanjutan di Indonesia.

Melalui inovasi dan investasi strategis, Perseroan optimis dapat memberikan nilai tambah yang signifikan bagi seluruh pemangku kepentingan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini