News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Banyak Warga Mulai Mudik, Marwan Jafar Minta Gedung Sekolah di Daerah Jadi Tempat Isolasi

Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Politisi PKB Marwan Jafar

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Willy Widianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di tengah pandemi virus corona alias covid-19, warga dari Jakarta banyak yang mencuri start untuk mudik ke kampung halaman di Jawa Tengah serta Jawa Timur.

Masyarakat yang sudah telanjur mudik tersebut harus ditangani sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Selain dilakukan rapid test di tempat-tempat titik kumpul kedatangan para pemudik, juga disiapkan lokasi isolasi bagi mereka yang dinyatakan positif terpapar Covid-19 maupun dinyatakan ODP agar mengurangi potensi penyebaran virus di daerah.

"Tegakkan protokol kesehatan, lakukan rapid test bagi warga yang telanjur mudik di titik-titik kumpul, baik terminal, bandara dan pelabuhan. Bagi yang dinyatakan positif maupun status ODP segera diisolasi di tempat-tempat yang disiapkan seperti gedung-gedung sekolah untuk menekan penyebaran virus di masyarakat," ujar Anggota DPR, Marwan Jafar, Sabtu (28/3/2020).

Baca: Hotman Paris Resah Pembantu Rumah Tangganya Ingin Pulang saat Merebaknya Corona: Tetap Ngotot 

Selain itu, Marwan juga menekankan perlunya regulasi yang tegas terkait mudik sehingga tidak menimbulkan ambigu dan kebingungan di tengah masyarakat.

Imbauan Kapolri juga perlu ditindaklanjuti dengan pengawasan yang ketat di lapangan sehingga tidak ditemukan lagi pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di tengah masyarakat.

"Penegakan aturan dan disiplin sosial jadi kata kunci untuk menekan penyebaran wabah Covid-19 ini," ujarnya.

Dicontohkan, kebijakan WFH (work from home) dan social Distancing maupun Physical Distancing perlu dilaksanakan secara tegas dan disiplin tinggi di daerah-daerah sehingga efektif menekan penyebaran virus ini.

Marwan yakin dan optimis jika kebijakan pemerintah ditindaklanjuti dengan langkah-langkah konkret, tegas serta disiplin oleh masyarakat, maka pandemi virus corona dapat diatasi dengan baik. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini