News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

PON Ditunda

Begini Alasan Penundaan PON 2020 di Papua

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menpora Zainudin Amali mengimbau kepada seluruh masyarakat di tanah air untuk menjaga kebugaran fisik dan stamina untuk menghindari virus Corona (COVID-19). Dok: Kemenpora

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA -  Pemerintah memutuskan untuk menunda pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan pertimbangan penundaan tersebut karena belum rampungnya pengerjaan venue akibat adanya penyebaran Covid-19. 

"Beberapa pertimbangan yang mendasari penundaan itu adalah pertama penyelesaian pekerjaan fisik venue yang masih berlangsung sampai dengan sebelum Covid akhirnya harus tertunda sehingga belum semuanya venue yang akan direncanakan akan digunakan untuk seluruh pertandingan cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada Pon tahun 2020," katanya usai Ratas dengan presiden, Kamis, (23/4/2020).

Baca: Terekam CCTV Masjid, Seorang Pencuri di Surabaya Sikat HP Rusak

Belum rampungnya venue tersebut kata Amali karena langkanya material karena terganggunya distribusi akibat pandemi Corona. 

"Sebagaimana kita tahu bahwa sekarang ini provinsi Papua memberlakukan penutupan. Di samping itu tenaga kerja yang melakukan pekerjaan di sana sebagian juga didatangkan dari luar Papua," katanya.

Selain masalah venue, penundaan PON dilakukan karena sulitnya memperoleh peralatan olahraga yang akan digunakan nanti. Produksi peralatan olahraga tersebut terganggu akibat pandemi Corona.

Baca: Wanita Terpidana Kasus Perzinaan Nyaris Ambruk Dicambuk 100 Kali, Sempat Minta Diskorsing 4 Kali

"Negara-negara produsen yang tadinya diharapkan bisa kita minta untuk mensuplai peralatan peralatan olahraga yang akan digunakan pada pon 20 itu ternyata juga mengalami kondisi yang sama sehingga mereka juga dalam produksinya terkendala. belum lagi kalau kita bicara tentang distribusi dan pengirimannya dan berbagai hal yang juga menyangkut itu," tuturnya.

Penundaan PON tersebut diputuskan oleh Presiden setelah mendengarkan penjelasan dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga. PON ditunda hingga tahun depan.

Baca: Persebaya Surabaya Kembali Gelar Latihan Online, 3 Pemain Absen

"Yang tadinya direncanakan pada bulan Oktober tahun 2020 ini ditunda menjadi bulan Oktober tahun 2021," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini