News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Survei: 57,3 Persen Responden Puas Kerja Pemprov Tangani Corona

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Di tengah pandemi virus corona (Covid-19), warga Kampung Jawi, Jalan Kalialang Lama VII RT 02/RW 01, Kota Semarang, Jawa Tengah, tetap melangsungkan tradisi ujung antarwarga dengan menerapkan physical distancing jaga jarak satu meter dan tidak saling bersalaman, Senin (25/5/2020). Ujung adalah istilah yang dikenal masyarakat Jawa untuk tradisi bersalam-salaman, meminta maaf, serta sungkem dari satu rumah ke rumah yang lain. Secara bahasa mungkin dalam Bahasa Indonesia mengarah ke kata silaturahmi. Tradisi ini biasanya dilakukan setelah Salat Id (Idulfitri), selepas salam-salaman di masjid atau lapangan. Biasanya yang melakukan ujung adalah anak kecil, remaja, dan dewasa. Karena orang tua yang sekiranya sudah uzur biasanya lebih memilih di rumah dan menunggu disinggahi tetangga atau kerabat dan juga saudara-saudaranya. Tribun Jateng/Hermawan Handaka

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 57,3 persen responden menyatakan puas terhadap penanganan masalah wabah virus corona (Covid-19) oleh pemerintah provinsi.

Sedangkan, responden yang menyatakan tidak puas terhadap pemerintah provinsi sebesar 41,1 persen.

Sisanya, respoden yang menjawab tidak tahu/tidak jawab sebesar 0,8 persen.

Hal itu tercacat dari hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga survei Indo Barometer bersama Puslitbangdiklat RRI yang dilakukan 12-18 Mei 2020 yang melibatkan 400 responden.

"Pemerintah Provinsi ikut serta dalam menangani virus Corona, mayoritas responden (57.3%) menyatakan puas. Responden yang menyatakan tidak puas (41.1%). Sisanya menjawab tidak tahu/tidak jawab (1.8%)," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari melalui keterangan tertulis yang diterima Tribunnews, Selasa (26/5/2020).

Baca: Gubernur Irwan Sebut 300 Kendaraan Masuk ke Sumbar Saat Hari Pertama Lebaran di Tengah Pandemi

Adapun, lima alasan tertinggi responden menjawab puas terhadap kerja pemerintah provinsi yakni;

Gubernur lebih tanggap dibanding Pemerintah Pusat (26.2%), pencegahan penularan Covid-19 di daerah bagus (22.7%), kerja tenaga medis di daerah sudah bagus (10.2%), jumlah terinfeksi semakin hari semakin menurun (7.6%), kerja nyata Gubernur (7.1%).

Baca: Kisah Penggali Makam Korban Corona yang Bekerja 15 Jam Sehari Disorot Media Asing

Lalu, Lima alasan tertinggi responden menjawab tidak puas yakni;

Distribusi bantuan lambat (20.8%), PSBB banyak pelanggaran (14.6%), bantuan tidak tepat sasaran (12.8%), banyak warga di daerah tidak disiplin (11.7%), bantuan tidak merata
(10.6%).

Sebagai informasi, wilayah pelaksanaan survei di 7 (tujuh) provinsi di Indonesia yaitu : Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan (7 provinsi ini setara dengan 64.9% populasi nasional).

Metode penarikan sampel yang digunakan adalah quota & purposive sampling dengan 400 responden tersebar secara proporsional. Margin of error sebesar kurang lebih 4.90 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara via telepon seluler menggunakan kuesioner.

Data telepon seluler responden diambil secara acak dari no telp seluler responden di Indo Barometer dari hasil survei nasional, survei pileg, survei pilkada dan quick count di setiap wilayahnya di masa sebelumnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini