News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Empat Cara Atasi Kolesterol yang Naik Akibat di Rumah Saja

Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi kolesterol

Laporan Wartawan Tribunnews.com Apfia Tioconny Billy 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Selama di rumah saja untuk menghindari virus corona (covid-19) membuat bobot tumbuh bertambah karena kurang memperhatikan pola makan dan kurangnya aktivitas fisik.

Kalau makan banyak hingga bobot tubuh bertambah maka bahayanya adalah banyak lemak tertimbun dalam tubuh yang memancing kolesterol tinggi.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Franciscus Ari, Sp.PD dari RS Pondok Indah – Bintaro Jaya menjelaskan cara mencegah kolesterol yang utama adalah dengan kembali ke pola hidup sehat.

"Salah satu faktor penyebab kadar kolesterol tidak normal yang dapat dimodifikasi adalah gaya hidup. Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat," ungkap dr. Fransiscus melalui keterangan tertulisnya, Kamis (16/5/2020).

Dr. Fransiscus menyebutkan ada empat cara menurunkan kolesterol yang pertama dimulai dengan meningkatkan kegiatan fisik.

Di masa pandemi ini memang sebaiknya olahraga di dalam rumah, tapi kalau tempat tidak memungkinkan bisa jalan cepat keliling komplek sekitar 30 menit.

Baca: Tiga Kategori Protokol Kesehatan Olahraga, Menpora: Tolong Dibaca

Baca: Pasien Penyakit Jantung Harus Tetap Rajin Kontrol Kesehatan ke Dokter

"Aktivitas fisik yang disarankan meliputi program latihan yang mencakup setidaknya 30 menit dalam 4 sampai 6 kali seminggu, bisa jalan cepat, bersepeda statis, ataupun berenang," kata dr. Fransiscus.

Trik kedua adalah dengan terapi nutrisi medis, yakni dengan mengonsumsi makanan berkalori rendah dari buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, ikan, dan daging tanpa lemak.

Trik ketiga adalah berhenti merokok da yang terakhir hindari minuman beralkohol karena kandungan pada rokok dan alkohol bisa menurunkan kolesterol high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik pada tubuh.

"Berhenti merokok minimal 30 hari dapat meningkatkan kadar HDL secara signifikan. Mengurangi asupan alkohol dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan meningkatkan kadar HDL," pungkas dr. Fransiscus.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini