News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Politikus Gerindra Minta Pemerintah Buka Akses Keluar Masuk Seluruh Daerah

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi: Sejumlah warga melintas di jalur alternatif Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, menuju kawasan wisata Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu (4/7/2020). Jalur ini menyuguhkan panorama yang luar biasa indah berlatar kebun sayur dan air terjun. Kondisi jalan yang curam diharapkan pengemudi berhati-hati saat melintas di jalur alternatif via Batang menuju Dieng, Kabupaten Banjarnegara. Selain menguntungkan warga, pembangunan jalan ini memudahkan akses wisatawan ke Dieng, terutama dari arah Pantura. Jalan ini bisa jadi pilihan wisatawan dari Pantura karena waktu tempuh bisa lebih singkat untuk mencapai Dieng. Tribun Jateng/Hermawan Handaka

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politikus Partai Gerindra Yan Permenas Mandenas meminta pemerintah membuka kembali akses keluar masuk di seluruh daerah untuk menggerakan perekonomian nasional.

Tentunya dalam pembukaan akses tersebut tetap diterapkan standar protokol kesehatan bagi masyarakat yang hendak bepergian.

"Kumpulkan seluruh kepala daerah dan rapat koordinasi, segera buka akses keluar masuk daerah Indonesia dan dikawal TNI serta Polri," ucap Yan Permenas kepada wartawan, Jakarta, Minggu (27/7/2020).

Baca: Update Corona 26 Juli 2020: 10 Provinsi dengan Kasus Covid-19 Tertinggi, Jawa Timur Tembus 20.000

Yan Permenas berharap, setelah dibukanya akses tersebut maka Komite Penanganan Covid-19 melalui tim Pemulihan Ekonomi Nasional, bekerja secara cepat mengeksekusi program yang selama ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca: Vaksin Covid-19 Asal China akan Diuji Coba ke 1.620 Relawan di Indonesia Awal Agustus

"Masyarakat Indonesia kini telah hidup berdampingan dengan Covid-19, mereka telah memahami cara pencegahan melalui penerapan protokol kesehatan," kata Anggota Komisi I DPR.

Ia menyebut, dibukanya akses bagi wisatawan lokal, akan membangun kepercayaan dunia internasional bahwa Indonesia mampu menuntaskan persoalan Covid-19 dan membangkitkan kembali ekonominya.

"Wilayah-wilayah di Indonesia yang menjadi ikon pariwisata harus menjadi sasaran utama dan diutamakan dulu bagi wisatawan domestik," ujarnya.

Sementara untuk pemerintah daerah, kata Yan Permenas, tidak perlu khawatir berlebihan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Jangan parno, tapi tetap bekerjasama dengan masyarakat dengan masyarakat menuntaskan masalah ini," ucapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini