News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Belva Devara: Ruangguru Sumbang Seluruh Pendapatan dari Kartu Prakerja untuk Penanganan Covid-19

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Belva Devara, CEO Ruangguru, mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Staf Khusus Presiden, Selasa (21/4/2020).

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - CEO Ruangguru Adamas Belva Devara mengumumkan akan menyumbangkan seluruh pemasukan Skill Academy sebagai mitra platform digital Program Kartu Prakerja kepada negara.

Belva mengatakan, seluruh sumbangan ini diperuntukkan membantu pemerintah dalam menanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Hal itu disampaikam Belva Devara melalui akun Istagramnya @Belvadevara, Selasa (4/8/2020).

Dalam video berdurasi 1 menit tersebut, Belva juga menyampaikan bahwa sampai saat ini, Ruangguru belum menagihkan pembayaran apapun kepada pemerintah terkait Program Kartu Prakerja.

Setelah pembayaran diterima dan dipotong oleh pajak, Belva mengatakan seluruh pemasukan Skill Academy melalui Program Kartu Prakerja pada platform digital akan disumbangkan kepada negara.

Baca: Ruangguru Sumbangkan Seluruh Pemasukan Kartu Prakerja di Skill Academy untuk Penanganan COVID-19

"Perlu kami sampaikan bahwa hingga saat ini kami belum menagihkan pembayaran apapun kepada pemerintah terkait program kartu pra kerja. Setelah pembayaran tersebut selesai dana tersebut akan langsung disumbangkan seluruhnya," ucap Belva.

"Kami harap sumbangan ini dapat mendukung upaya penanggulangan Covid-19 semoga inisiatif Ruangguru ini membawa manfaat bagi bangsa," tambahnya.

Dalam unggahannya itu, Belva juga menuliskan soal sumbangan Ruangguru untuk penanggulangan Covid-19.

"Pengumuman. Bismillah. Ruangguru hari ini menemukan bahwa kami akan menyumbangkan seluruh pemasukan skill Academy sebagai Mitra platform digital program Kartu Prakerja kepada negara, melalui Badan Nasional penanggulangan bencana (BNPB) untuk membantu penanganan pandemi Covid-19

Hingga saat ini Ruangguru belum menagihkan pembayaran apapun kepada pemerintah terkait program Kartu Prakerja. Proses rekonsiliasi transaksi dengan PMO perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum proses penagihan.

Setelah pembayaran diterima dan dipotong oleh pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku, seluruh pemasukan skill Academy melalui program Kartu Prakerja yang terjadi pada platform digital kami selama gelombang 1 sehingga gelombang 3 akan disumbangkan kepada negara, melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Dengan adanya donasi ini, seluruh biaya yang selama ini dikeluarkan untuk Program Kartu Prakerja menjadi tanggung jawab Ruangguru termasuk biaya produksi, kelas pelatihan, tunjangan instruktur pelatihan, pembangunan infrastruktur daring yang memadai bagi peserta program, layanan konsumen dan aspek kepentingan usaha lainnya. Hingga saat ini tercatat ada ada 310.970 peserta yang memanfaatkan kelas pelatihan skill Academy di Program Kartu Prakerja selama gelombang 1 hingga gelombang 3.

Perlu diketahui bahwa selama berjalannya program kartu pra kerja sejak awal dimulai program hingga saat ini, skill Akademi sebagai Mitra resmi platform digital juga menerapkan kebijakan komisi 0% kepada seluruh Mitra lembaga pelatihan di platform digital skill Academy dengan tujuan mendukung ekosistem pelatihan di Indonesia.

Akhirnya bisa diomongkan juga setelah berdiskusi dengan banyak pihak tentang niat baik ini dari beberapa bulan yang lalu. Kami terpanggil untuk berbagi semoga donasi kami ini bermanfaat bagi seluruh masyarakat yang terdampak Covid-19. Amin"

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini