News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Euro 2012

Jelang Final Euro, Antrean Visa di Kedutaan Ukraina Melonjak

Penulis: Husein Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Suporter Italia ekspresif menyambut kemenangan timnya atas Inggris di babak perempat final Euro 2012 saat nonton bareng di kafe Tiesky, Warsawa, Polandia, Senin (25/6). Fans tim nasional Inggris bisa menerima kekalahan itu dengan lapang dada. (Tribun Jakarta/Husein Sanusi)

Laporan Wartawan Tribun, Husein Sanusi dari Polandia

TRIBUNNEWS.COM – Beberapa hari jelang final dan penutupan Euro 2012, kesibukan di Ukraina meningkat tajam. Negara yang bersebelahan dengan Polandia ini bersiap menyambut ribuan tamu yang akan berkunjung ke Ukraina untuk menyaksikan final dan upacara penutupan.

Kesibukan paling jelas terlihat di kantor kedutaan Ukraina yang ada di Warsawa, Polandia. Sejak pagi hingga sore, Selasa (26/6/2012) kemarin, kantor ini terlihat sangat sibuk melayani permintaan visa untuk mengunjungi Ukraina.

Saking tingginya permintaan para pemohon visa sampai antrean panjang terjadi di depan kantor kedutaan Ukraina. Antrean terlihat sangat panjang bahkan mencapai 500 meter. Para pemohon visa itu terlihat sabar menanti giliran di depan pintu kantor untuk dilayani.

Pihak kedutaan sendiri tidak mau menolerir setiap pengunjung yang hadir untuk memohon visa. Beberapa aparat keamanan disiagakan di tempat ini mengatur para pemohon visa agar berbaris dengan rapi dan menunggu gilirannya.

Untuk mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan, petugas kedutaan Ukraina sangat memperketat pemberian visa untuk mengunjungi Ukraina. Beberapa persyaratan utama seperti tiket pulang-pergi dan tiket nonton final harus disediakan untuk bisa mendapatkan visa.

Beberapa pemohon visa yang sudah lama mengantri terpaksa harus pulang tanpa mendapatkan hasil apapun saat tidak bisa melengkapi dokumen kelengkapan pengajuan visa. Ini semua dilakukan untuk mengantisipasi masuknya imigran gelap dengan memanfaatkan even Euro.

Tidak hanya itu, seperti dikabarkan sebelumnya, bahwa kunjungan ke Ukraina dipastikan akan melonjak tajam pada saat final. Beberapa tiket penerbangan dari berbagai maskapai dan tiket kereta api juga terlihat sudah penuh.

Tentunya ini dilakukan para suporter yang ingin menyaksikan langsung pertandingan final yang akan digelar di Kiev. Para suporter ini bahkan tidak peduli dengan lonjakan harga tiket yang melambung tinggi jelang final.

Bahkan kabarnya biaya hidup di Ukraina lebih mahal daripada di Polandia. Terutama untuk penginapan yang makin meningkat harganya jelang pertandingan final. Harganya bisa tiga kali lipat dari yang ada di Polandia.

Untuk menghemat biaya akomodasi, kebanyakan para suporter yang akan menyaksikan final nanti memilih melakukan perjalanan langsung pulang pergi tanpa harus menginap di Ukraina. Kemungkinan besar dari mereka akan langsung pulang setelah pertandingan final selesai.

Meski bernegara tetangga sebelahan, jarak dari Warsawa ke Kiev tidak terlalu dekat. Perjalanan ke Kiev bisa memakan waktu 12 jam perjalanan menggunakan jalur darat. Sementara untuk pesawat memakan waktu kurang lebih dua jam.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini