News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Euro 2012

Kolektor Uang di Polandia Berburu Koin Khusus Euro

Penulis: Husein Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Koin khusus Euro

Laporan Wartawan Tribun, Husein Sanusi dari Polandia

TRIBUNNEWS.COM – National Bank of Poland (NPB) sejak awal perhelatan Euro 2012 mengeluarkan koin khusus Euro 2012. Koin ini terbuat dari emas dengan nilai angka variatif mulai dari 10 zloty, 20 zloty, 100 zloty dan 500 zloty.

Meski koin ini tidak bisa dipakai buat transaksi jual beli namun peminat koin yang khusus dikeluarkan pada even Euro ini banyak juga diminati oleh para kolektor koin-koin. Tribun mengamati ini pada saat mengunjungi NPB, Selasa (26/6/2012) kemarin.

Tampak koin-koin tersebut sudah mulai banyak yang dibeli oleh para kolektor. Bahkan para kolektor koin berduit ini rela mengantri cukup panjang dan lama untuk mendapat koin unik yang hanya beredar pada saat Euro 2012.

Padahal untuk memiliki koin tersebut harganya tidak murah. Koin terbesar 500 zloty misalnya dipatok dengan harga 16.000 zloty atau jika dirupiahkan kurang lebih sekitar 48 juta rupiah. Menurut keterangan petugas bank, koin itu mahal karena mengandung emas.

Dalam satu koin dijelaskannya mengandung emas yang jika diuangkan sekitaran 10.000 zloty atau sekitar 30 juta rupiah. Koin-koin tersebut sengaja juga dipamerkan di beberapa etalase bank untuk menarik para kolektor membelinya.(Tribunnews.com/cen)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini