News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Euro 2012

Orang Polandia Kaget Dengar Cerita Suporter Indonesia Mati

Penulis: Husein Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pendukung tim nasional Polandia dengan berbagai ekspresi saat pertandingan melawan Republik Ceko di Wroclaw, Polandia, Minggu (17/6). Pendukung Polandia menerima kegagalan timnya lolos dari babak penyisihan grup A Euro 2012. (TRIBUNNEWS.COM/Husein Sanusi)

Laporan Wartawan Tribun, Husein Sanusi dari Polandia

TRIBUNNEWS.COM – Berbincang dengan orang Polandia tentang seputar sepakbola cukup seru. Yang pertama kali mereka tanyakan pasti tentang keberadaan klub-klub lokal Polandia apakah dikenal atau tidak oleh orang Indonesia. Ini pertanyaan yang paling sering diungkapkan orang Polandia kepada Tribun.

Orang Polandia biasanya akan sangat senang jika ada nama klub Polandia seperti Legia Warsawa misalnya disebut atau disanjung. Biasanya mereka akan langsung akrab dan mengapresiasi jika orang asing yang diajaknya bicara mengenal salah satu klub Polandia.

"Indonesia sangat jauh dari negara kami. Tapi Anda mengenal Legia Warsawa, saya pikir negara Anda punya budaya sepakbola yang juga kuat. Kami senang mendengar cerita Anda tentang Legia Warsawa," kata fans Polandia, Sebasti Jakubzky, yang diwawancarai Tribun di sebuah kedai kopi di Warsawa, Selasa (26/6/2012).

Sebasti lalu mempertanyakan tentang animo warga Indonesia tentang sepakbola. Dia mengaku sangat ingin mengetahuinya karena tidak pernah mendengar nama klu-klub Indonesia beredar di kompetisi ternama.

Setelah diceritakan ada kekagetan dirasakan fans Legia ini ketika Tribun bercerita tentang fanatisme klub-klub Indonesia yang terkadang sampai merenggut nyawa mereka saat kerusuhan antarsuporter.

"Itu kejadian yang sangat luar biasa, fans klub di negara Anda sampai rela mati demi sepakbola. Di Polandia sekeras apapun kerusuhan terjadi antarsuporter tidak ada yang sampai meninggal dunia," katanya sambil terheran-heran.

Meski berstatus negara kecil, Polandia memang pantas ditiru untuk urusan perlindungan terhadap para suporter. Aparat keamanan di Polandia biasanya akan sangat tanggap mengatasi berbagai situasi keributan untuk mencegah jatuhnya korban meninggal.(Tribunnews.com/cen)

Berita Terkait: Euro 2012
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini