News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Euro 2012

Karikatur Seniman Indonesia Nampang di Euro

Penulis: Husein Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Beberapa lukisan dari berbagai negara dipajang di etalase pameran lukisan di Old Town, Warsawa, Polandia, Rabu (27/6). Terdapat karya pelukis Indonesia dalam salah satu lukisan tersebut. (Tribun Polandia/Husein sanus)

Laporan Wartawan Tribun, Husein Sanusi dari Polandia

TRIBUNNEWS.COM – Satu lagi kebanggaan kita sebagai warga negara Indonesia terhadap hasil karya seni anak bangsa yang go international. Jika sebelumnya Indonesia dikenal orang Polandia karena ada film The Raid yang diputar di bioskop-bioskop Warsawa, kali ini adalah hasil karya lukisan karikatur.

Tanpa disengaja Tribun mendapati lukisan karikatur tersebut saat jalan-jalan ke kota tua, Warsawa, Rabu (27/6/2012). Di pinggiran sungai kecil yang ada di kota tua, iseng-iseng Tribun menyaksikan puluhan lukisan dipajang di etalase sepanjang kira-kira delapan meter. Berderetan puluhan lukisan karikatur di etalase tersebut dengan nama pembuat karikatur dan negara asal pembuat lukisan.

Deretan pertama, lukisan gambar bola putih hitam dengan bagian bawah susu sapi perah, karya seorang pelukis dari Rusia. Selanjutnya lukisan pohon dengan ranting-ranting tanpa daun dilukis oleh seorang pelukis dari Jerman.

Begitu seterusnya tampak hasil karya lukisan itu berasal dari pelukis dari berbagai belahan bumi. Kaget rasanya saat menengok ke deretan lukisan nomor delapan.

Gambar karikatur cukup simpel. Lapangan hijau sepakbola lengkap dengan garis pinggir dan tengah. Namun di atasnya tidak ada gambar pemain bola beraksi tapi diisi kuburan yang dibangun rapi dengan batu nisannya. Di bawah lukisan tertera nama Bekti Widi Gunawan, Indonezja.

Pasti ini karya seniman Indonesia, dari namanya saja sudah sangat jelas itu adalah nama Indonesia. Hebat juga dan bangga rasanya melihat hasil karya orang Indonesia berada di antara para pelukis dunia yang dipamerkan di ajang Euro.

Lukisan-lukisan itu pastinya bertemakan tentang sepakbola. Setiap lukisan memiliki makna masing-masing yang akan lebih pas dijabarkan jika diinterpretasi sendiri oleh si pelukis.

Berbicara tentang karya lukisan, Warsawa bisa dikatakan tempatnya para seniman lukis. Mungkin selama ini Perancis yang terkenal memiliki banyak pelukis klasik Eropa bercita rasa tinggi. Tapi jangan salah, tingkat imajinasi seni orang Polandia juga tinggi.

Di Warsawa bisa dengan mudah didapatkan orang melukis di berbagai tempat. Dan juga ada ratusan etalase-etalase yang memamerkan ratusan lukisan di banyak tempat. Tidak hanya tentang sepakbola tapi juga tentang berbagai objek lukisan lainnya.(Tribunnews.com/cen)

Berita Terkait: Euro 2012
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini