News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Harga Minyak Dunia Anjlok, Presiden Trump Tambah 75 Juta Barel Minyak Cadangan

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Amerika Serikat Donald Trump

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan menambahkan stok minyak hingga 75 juta barel ke cadangan minyak strategis negara itu.

Hal ini dipicu terus menurunnya harga komoditas satu ini hingga ke level terendah.

"Berdasarkan rekor harga terendah minyak, kami mengisi cadangan minyak bumi nasional kami, cadangan strategis. Kami ingin memasukkan 75 juta barel ke dalam cadangan itu sendiri, yang akan membuatnya unggul," kata Trump dalam konferensi pers di Gedung Putih, Senin (20/4/2020) waktu setempat.

Perlu diketahui pada Senin kemarin, harga West Texas Intermediate (WTI) berjangka mencapai level terendah yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Jatuh dari sekitar 18 dolar AS per barel menjadi - 37,63 dolar AS, atau turun 300 persen dari penutupan hari sebelumnya.

Ini kali pertama harga minyak mentah berjangka diperdagangkan dalam posisi negatif sejak New York Mercantile Exchange (NYMEX) membuka pintunya pada tahun 1983.

Dikutip dari laman Russia Today, Selasa (21/4/2020), harga minyak telah turun selama lebih dari sebulan, anjloknya pun dipicu oleh beberapa hal.

Mulai dari perang harga yang dimulai oleh Arab Saudi yang kemungkinan telah diselesaikan kesepakatan dalam perjanjian OPEC + untuk memangkas produksi minyaknya, hingga jatuhnya permintaan karena pandemi virus corona (Covid-19) yang terus menimbulkan kekacauan pada perekonomian dunia.

Cadangan Minyak Strategis AS ini bertujuan untuk mengurangi efek gangguan pasokan minyak selama keadaan darurat dan memiliki kapasitas total sekitar 797 juta barel dan disimpan di Texas dan Louisiana.

Pada awal Maret lalu, cadangannya berisi sekitar 635 juta barel.

Departemen Energi AS pun kini menyewakan beberapa ruangan ekstra untuk membantu mengatasi kurangnya tempat penyimpanan cadangan minyak di tengah membanjirnya pasokan global.

Para pengamat industri pun menilai bahwa masalah sebenarnya saat ini adalah keterbatasan ruang penyimpanan, karena hanya sedikit pedagang yang mau menerima pengiriman lantaran tidak memiliki tempat untuk menyimpan stok minyak Itu.

Ditanya apakah AS akan menghentikan pengiriman minyak dari Arab Saudi karena terbatasnya ruang penyimpanan, Trump mengatakan pihaknya akan melihat stok yang ada saat ini.

"Kami akan melihatnya, kami pasti memiliki banyak minyak, jadi saya akan melihatnya," jelas Trump.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini