News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Putin Klaim Rusia Jadi Negara Pertama di Dunia Produksi Vaksin Covid-19

Presiden Rusia Vladimir Putin berpidato di negara tersebut terkait wabah koronavirus di kediaman Novo-Ogaryovo di luar Moskow pada 25 Maret 2020. (AFP/Alexei Druzhinin/ SPUTNIK/AFP)

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengklaim negaranya menjadi yang pertama memproduksi dan memberikan persetujuan penggunaan vaksin Covid-19.

"Pagi ini, untuk pertama kalinya di dunia, vaksin untuk melawan virus corona telah didaftarkan," ujar Putin dalam konferensi pers virtual seperti dilansir dari AFP, Selasa (11/8/2020).

Reuters melaporkan, persetujuan ini dikeluarkan setelah kurang dari dua bulan pengujian pada manusia.

Kecepatan di mana Rusia bergerak untuk meluncurkan vaksinnya itu menyoroti tekad untuk memenangkan perlombaan global memperoleh produk yang efektif.

Baca: Rusia Langsung Terima Pesanan Satu Miliar Dosis Vaksin Anticorona dari 20 Negara

Namun di sisi lain hal itu telah menimbulkan kekhawatiran, hanya sekedar menempatkan prestise Nasional di atas ilmu pengetahuan dan keselamatan.

Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)

Berbicara pada pertemuan pemerintah di televisi negara, Putin mengatakan vaksin, yang dikembangkan oleh Institut Gamaleya Moskow, aman. Bahkan vaksin itu telah diujicobakan kepada salah satu putrinya.

"Saya tahu vaksin itu bekerja cukup efektif, membentuk kekebalan yang kuat, dan saya ulangi, itu telah lulus dari semua persyaratan yang diperlukan," kata Putin.

Dia berharap Rusia akan segera mulai memproduksi massal vaksin tersebut.

Lebih dari 100 calon vaksin sedang dikembangkan di seluruh dunia untuk mencoba menghentikan pandemi Covid-19.

Halaman
1234

Berita Populer