News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bank Mizuho Jepang Sebulan Empat Kali Error, Presiden Koji Fujiwara Minta Maaf

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bank Mizuho di Shinjuku, Jepang.

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Sepanjang satu bulan terakhir mulai 28 Februari, 3 Maret, 7 Maret dan kemarin Jumat (12/3/2021) Bank Mizuho mengalami error sistem. Kali ini untuk pengiriman uang ke luar negeri.

"Kami mohon maaf telah terjadi masalah sistem baru dan pengiriman uang ke luar negeri tertunda," ungkap Presiden Bank Mizuho, Koji Fujiwara, Jumat (12/1/2021) malam waktu Jepang.

Lalu Fujiwara menjelaskan masalah yang ada kepada para wartawan dan berjanji untuk tidak terulang kembali kesalahan tersebut.

Masalah ini menyebabkan keterlambatan sekitar 300 pengiriman uang dalam mata uang asing, yang sebagian besar diminta oleh perusahaan.

"Masalahnya adalah kegagalan mesin terkait sistem yang terjadi pada pukul 23.39 pada tanggal 11 Maret 2021. Mesin dipulihkan pada pukul 06.38 pagi pada tanggal 12 Maret 2021, dan proses pengiriman uang terakhir selesai sebelum jam 8 malam pada tanggal 12 Maret 2021," ungkapnya.

Baca juga: ATM Bank Mizuho Jepang Error Lagi, Manajemen Minta Maaf

Baca juga: Seharian ATM Bank Mizuho Error, Lembaga Finansial Jepang Minta Laporan

"Selain masalah pada tanggal 28 bulan lalu, kami mengalami masalah pada tanggal 3 dan 7 bulan ini. Kami menangani situasi ini dengan sangat serius dan sangat meminta maaf," kata dia.

"Saya ingin menghadapi tanggung jawab manajemen dengan tegas dan menerimanya tanpa melarikan diri. Sangat disayangkan bahwa sistem ini menyebabkan kegagalan terus menerus, tetapi saya akan merangkum hal ini secara menyeluruh dan menyelidiki penyebabnya serta mencegah terulangnya secara menyeluruh. Itu adalah tanggung jawab terbesar yang harus saya lakukan," kata Presiden Fujiwara.

Sebelumnya, Bank Mizuho mengalami penyebab lain pada tanggal 3 Maret dan 7 Maret 2021, menyusul kegagalan sistem berskala besar yang menyebabkan sekitar 80 persen ATM di seluruh negeri untuk sementara tidak tersedia pada tanggal 28 Februari 2021..

"Pertama kali error besar tahun ini terjadi tanggal 28 Februari 2021 dengan masalah banyak ATM Bank Mizuho dan internet bank Mizuho yang tidak dapat digunakan," ungkapnya.

Bank Mizuho bukan pertama kali mengalami error besar seperti ini.

Bank Mizuho di Shinjuku. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Error semacam ini merupakan ke sekian kali setelah sebelumnya terjadi di tahun 2002 yang membuat panik banyak nasabahnya karena terjadi di hari kerja dan berlanjut kedua kali tanggal 28 Februari 2021 di hari Minggu.

Sehingga banyak kartu nasabah bank Mizuho "tertelan" ATM.

Nasabah terpaksa menunggu bahkan ada yang sampai hampir 3 jam petugasnya belum tiba di lokasi kejadian mengeluarkan kartu ATM yang "tertelan" itu.

Sementara itu Forum bisnis WNI di Jepang baru saja meluncurkan pre-open Belanja Online di TokoBBB.com yang akan digunakan sebagai tempat belanja para WNI dan orang Jepang yang ada di Jepang. Info lengkap lewat email: bbb@jepang.com

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini