News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

China Daratan Mengkonfirmasi Temuan Kasus Pertama Varian Omicron

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Seorang teknisi laboratorium bekerja di laboratorium Universitas Tsinghua di Beijing pada 9 Desember 2021, yang bersama-sama mengembangkan pengobatan antibodi monoklonal untuk Covid-19 dengan Rumah Sakit Rakyat Ketiga Shenzhen dan Brii Biosciences dan diberikan persetujuan darurat oleh otoritas obat China pada Desember. 8. (Photo by Noel Celis / AFP)

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, TIANJIN -  Kasus pertama varian baru virus corona (Covid-19) Omicron telah terdeteksi di China Daratan. Otoritas kesehatan di kota utara Tianjin telah melaporkan kasus tersebut.

Sputnik News mengutip pemberitaan media lokal China Senin kemarin (13/12/2021) menyatakan, strain Omicron yang diidentifikasi kali pertama di Afrika Selatan, telah ditetapkan sebagai 'varian yang menjadi perhatian' (VoC) oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Penyebarannya bahkan telah mendorong diberlakukannya sistem penguncian (lockdown) dan pengetatan tindakan anti-pandemi di seluruh dunia.

Baca juga: Luhut: Sampai Hari Ini Tidak Ada Temuan Varian Omicron di Indonesia

Strain ini disebut memiliki lebih banyak mutasi protein lonjakan yakni 32 mutasi dibandingkan semua varian yang telah muncul sebelumnya.

Baca juga: Masyarakat Diminta Antisipasi Penularan Covid-19 Varian Omicron pada Libur Nataru

Sejak kemunculannya, varian Omicron telah menimbulkan kekhawatiran terkait kemungkinan penularannya yang bersifat lebih cepat dan mudah menular daripada varian lainnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini