News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Ukraina Bersedia Bicarakan Pengakuan Lugansk dan Donetsk, Tetapi Ada Syaratnya

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky

TRIBUNNEWS.COM – Ukraina akhirnya melunak dan bersedia membicarakan soal pengakuan Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk dengan Rusia serta masalah Crimea bila negara itu dapat jaminan keamanan.

Presiden Ukraina Vladimir Zelensky mengatakan dia akan siap untuk membahas masalah tersebut bila perang diakhiri.

"Ini adalah situasi yang sangat sulit bagi semua orang. Untuk Krimea, Donbass, dan untuk semua orang.

Baca juga: Usai Diserang Rudal Hipersonik Kinzhal, PBB Bangun Ruang Pengungsian di Perbatasan Ukraina

Untuk menemukan jalan keluar, Anda harus mengambil langkah pertama, yang telah saya sebutkan: jaminan keamanan, akhir perang," katanya dalam sebuah wawancara dengan  TV dari negara-negara Eropa dan Ukraina seperti dilaporkan kantor berita TASS, Selasa (22/3/2022).

Menurut Zelensky, dia siap untuk membahas masalah ini pada pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Saya siap mengangkat masalah ini pada pertemuan pertama dengan Presiden Rusia, itu relevan, penting bagi kami," katanya.

Baca juga: Mengenal Rudal Hipersonik yang Digunakan Rusia di Perang Melawan Ukraina

Meski demikian, Ukraina menolak tuntutan Rusia untuk menyerahkan Kota Mariupol.

Kota pelabuhan yang terkepung itu menjadi titik fokus perang yng brutal dan memicu krisis kemanusiaan yang menghancurkan.

Kyiv menolak permintaan untuk menyerahkan kota itu setelah Moskow berjanji untuk mengizinkan warga sipil yang terperangkap di tengah pemboman tanpa air, panas atau obat-obatan untuk melarikan diri jika para pembelanya meletakkan senjata mereka.

Merebut kendali kota strategis akan mewakili kemenangan signifikan bagi pasukan Rusia, dengan kemajuan mereka tampaknya terhenti di tempat lain dan kampanye mereka bergeser ke mengintensifkan pemboman udara kota-kota Ukraina.

Serangan baru di Kyiv pada Minggu malam menewaskan sedikitnya delapan orang dan sebuah pusat perbelanjaan hancur, kata pejabat Ukraina. Jumlah korban tewas resmi masih ditentukan.

Baca juga: Pemerintah Ukraina Sebut Pasukan Rusia Tembaki 135 Rumah Sakit hingga Tewaskan 6 Petugas Kesehatan

Presiden Joe Biden akan menuju ke Eropa minggu ini ketika Amerika Serikat dan sekutunya berusaha untuk mendukung Ukraina dan menghukum Kremlin atas invasinya.

Perjalanan itu akan mencakup kunjungan ke Polandia, sekutu NATO yang bertetangga dengan Ukraina, Gedung Putih mengumumkan Minggu malam.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dalam pidato yang disiarkan televisi pada 24 Februari bahwa sebagai tanggapan atas permintaan para kepala republik Donbass, dia telah membuat keputusan untuk melakukan operasi militer khusus untuk melindungi orang-orang "yang telah menderita pelecehan dan genosida oleh rezim Kiev selama delapan tahun."

Pemimpin Rusia menekankan bahwa Moskow tidak memiliki rencana untuk menduduki wilayah Ukraina.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini