News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Perusahaan Energi Jerman Setuju Bayar Gas Sesuai Keinginan Rusia

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Rusia Vladimir Putin tetap mengharuskan Uni Eropa membayar gas yang dibelinya dari Rusia dengan rubel. Perusahaan Energi Jerman Setuju Bayar Gas Sesuai Keinginan Rusia

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, FRANKFURT - Perusahaan energi Jerman, Uniper dan RWE AG dilaporkan telah membayar pasokan gas Rusia menggunakan skema baru yang diusulkan Moskow, sebagai upaya untuk memastikan keamanan pasokan bahan bakar di negaranya.

Melansir dari Reuters, skema pembayaran Rusia, yang mengharuskan pembeli asing menyiapkan rekening yang akan dibayar dalam Euro dan kemudian ditukar dengan Rubel, telah menggoyahkan tekad keras Uni Eropa dalam menanggapi invasi Rusia ke Ukraina.

Beberapa negara Eropa menolak untuk melakukan pembayaran, sementara anggota Uni Eropa lainnya berusaha mencari cara untuk mematuhi skema pembayaran gas Rusia.

Baca juga: PBB dan Rusia Bahas Ekspor Biji-Bijian dan Pupuk di Moskow

Jerman sangat bergantung pada gas Rusia, yang memenuhi setengah impor bahan bakarnya pada tahun lalu.

Dua importir utama gas Rusia dari Jerman, Uniper dan RWE AG mengatakan mereka akan membuat rekening di Rusia, yang sejalan dengan pedoman UE, untuk memastikan aliran gas ke Jerman terus berlanjut.

“Seperti perusahaan Jerman dan Eropa lainnya, Uniper telah mengubah metode pembayaran untuk pengiriman gas dari Rusia. Uniper membayar dalam euro sesuai dengan mekanisme pembayaran baru, pembayaran pertama dilakukan pada akhir Mei. Oleh karena itu, Uniper bertindak sesuai dengan sanksi dan dapat terus memastikan pemenuhan kontrak tepat waktu,” ujar Uniper dalam pernyataannya, yang dikutip dari Reuters.

Seorang juru bicara RWE AG mengonfirmasi bahwa pihaknya telah mentransfer euro ke rekening Rusia yang telah dibuat untuk memungkinkan pembayaran.

Baca juga: Rusia Klaim 3.043 Pasukan Militer Kremlin Telah Gugur di Medan Perang Ukraina

Bulan lalu, Uniper mengatakan pihaknya akan melakukan pembayaran pasokan gas yang jatuh tempo pada akhir Mei kemarin dengan skema baru.

Perusahaan ini mengatakan proses tersebut telah dikoordinasikan dengan pemerintah Jerman dan mengikuti pedoman UE.

Sementara itu, perusahaan energi Rusia Gazprom pada Selasa (31/5/2022) kemarin mengatakan telah memotong pasokan gas ke Belanda, setelah perusahaan gas Belanda GasTerra gagal melakukan pembayaran untuk pengiriman pasokan gas pada bulan April.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini