News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Trending

Mengenal Ground Launched Small Diameter Bomb, Senjata yang dipasok Amerika untuk Ukraina

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Apa itu The Ground Launched Small Diameter Bomb (GLSDB)? Senjata yang dipasok Amerika untuk Ukraina. Dilaporkan ditembak jatuh oleh pasukan Rusia.

TRIBUNNEWS.COM - The Ground Launched Small Diameter Bomb (GLSDB) yang dipasok Amerika Serikat (AS) untuk Ukraina dilaporkan ditembak jatuh oleh pasukan Rusia pada Selasa (28/3/2023), lapor Guardian.

Ground Launched Small Diameter Bomb (GLSDB) adalah senjata yang dibuat oleh Boeing dan Grup Saab, yang memodifikasi Bom Diameter Kecil (SDB) GBU-39 Boeing dengan penambahan motor roket.

Wikipedia menulis pengujian awal senjata ini dimulai pada 2015.

Selengkapnya, simak rangkuman penjelasan mengenai rudal GLSDB yang Tribunnews.com kutip dari beberapa sumber:

Harga per item 40.000 Dolar Amerika

Dikutip Defensenews, senjata GLSDB dibanderol harga 40.000 dolar AS atau Rp 6.022.740.000 per item.

Senjata ini secara efektif menggandakan jangkauan amunisi berpemandu presisi.

Baca juga: Update Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-399 Invasi: Moskow Tembak Jatuh Bom Pintar Berpemandu GLSDB

Apa itu The Ground Launched Small Diameter Bomb (GLSDB)? Senjata yang dipasok Amerika untuk Ukraina. Dilaporkan ditembak jatuh oleh pasukan Rusia. (Saab)

Sistem artileri roket HIMARS dan M270 akan mampu menjatuhkan rudal GLSDB, dengan akurasi GPS 16 digit, di zona serangan sedalam 150 kilometer.

Defensescoop menulis, sistem senjata GLSDB yang dikembangkan oleh Saab dan Boeing merupakan bagian dari paket bantuan keamanan baru senilai 2,2 miliar dolar AS untuk Ukraina.

Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU) menggunakan peluru kendali GPS jarak pendek yang disebut M31.

Keduanya ditembakkan dari peluncur yang dipasang di truk HIMARS dan peluncur kendaraan lacak M270.

Mengapa GLSDB berbeda dari peluru kendali presisi lain yang dikirim Amerika ke Ukraina?

Dikutip Kyiv Post, rudal GLSDB adalah ide senjata Pentagon pasca-Perang Dingin yang cerdas yang benar-benar membuahkan hasil.

Angkatan Darat AS pada tahun 2000-an memiliki cadangan besar roket tak berpemandu 227mm yang dirancang untuk ditembakkan dalam salvo massal dari sistem artileri roket M270 dan HIMARS, dan kebutuhan untuk mencapai target yang lebih kecil dalam perang di Afghanistan dan Irak, sambil meminimalkan kerusakan tambahan.

Baca juga: 18 Unit Tank Jerman Leopard 2 Kini Sudah Tiba di Ukraina

Solusinya adalah menggabungkan motor roket 227mm tua dengan bom glider berpemandu presisi GBU-39 yang diproduksi oleh Boeing selama beberapa waktu dan mencari cara untuk menembakkannya dari M270 atau HIMARS.

Pada 2015, Boeing yang berkantor pusat di Seattle bekerja sama dengan Grup Saab Swedia untuk menguji bom glider yang diluncurkan roket.

Pada 2019, Swedia memiliki sistem kerja yang andal, menurut laporan berita saat itu.

Roket naik dan bom glider terlepas dan terbang ke sasarannya.

Sekarang Saab mempromosikannya sebagai sistem yang berfungsi, dalam produksi, dan mampu tampil seperti yang diiklankan.

Saab adalah produsen senjata berpengalaman dan teruji dengan sejarah pembuatan senjata yang mudah digunakan dan bekerja di lingkungan yang keras.

Rudal M31 jarak pendek, yang ditembakkan dari platform yang sama dan pengirimannya ke AFU pada awal musim panas 2022 menghancurkan kemampuan Rusia untuk mengoperasikan markas besar dan depot amunisi di dekat bagian depan, juga dipandu GPS, tetapi tidak ada yang terlepas darinya.

Rudal hanya terbang dari peluncur ke sasaran dalam busur balistik, lalu meledak.

Itu membawa hulu ledak 91 kilogram yang kuat.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-398 Invasi: Seruan Boikot Atlet Rusia di Olimpiade 2024 Paris

Seberapa efektif rudal GLSDB?

Menurut laporan sumber terbuka, keuntungan utama dari rudal GLSDB, selain memiliki jangkauan kira-kira dua kali lipat (80 kilometer vs 150 kilometer), adalah biaya rendah dibandingkan dengan harga untuk satu rudal M31.

Yang lebih penting untuk pertempuran artileri dalam perang Rusia-Ukraina, pasukan konvensional militer AS tidak lagi memerangi pemberontakan.

Kemungkinan AS memiliki puluhan ribu roket 227mm yang tidak terarah di gudang senjatanya lalu dikirim ke Saab untuk digunakan kembali menjadi pembawa bom glider.

Meskipun GLSDB tidak diketahui pernah digunakan dalam pertempuran, kemungkinan besar, GLSDB akan bekerja di Ukraina seperti yang dirancang.

Menurut Saab, glider dapat diprogram untuk mendekati target dari segala arah, dan dari berbagai sudut, membuatnya lebih sulit untuk dicegat, dan memberi bom vektor pendekatan yang lebih baik untuk menyerang target yang bersembunyi di sisi jauh bukit atau di lembah sempit.

Baca juga: Tentara Ukraina Terima Pelatihan Depleted Uranium dari Inggris

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (ZelenskyyUa)

Jadi, apakah GLSDB adalah pengubah permainan?

Itu tidak mungkin.

Satu masalah adalah angka.

Meskipun secara teori hanya ada sedikit batasan berapa banyak motor roket 227mm yang dapat dibawa Amerika ke meja, pertanyaan besar yang terbuka adalah ukuran inventaris bom glider Saab, serta kapasitas fisik perusahaan untuk memproduksi lebih banyak.

Dalam wawancara pertengahan Januari dengan Kyiv Post , seorang kru M270 mengatakan bahwa dengan amunisi dan target yang cukup, mereka dapat meluncurkan selusin rudal setiap 24 jam tanpa berkeringat.

Menurut Oryx, sebuah kolator data senjata, AFU mungkin mengoperasikan sekitar 15 M270 dan 30 sistem HIMARS, yang berarti AFU mungkin dapat menembakkan kapasitas produksi tahunan rudal GLSDB Saab dalam beberapa hari atau minggu.

Kelemahan kedua – kurang kritis tetapi tetap penting – dari rudal GLSDB adalah bahwa meskipun kalibernya sama dengan M31 yang jaraknya lebih pendek, ia membawa hulu ledak yang lebih kecil, dengan sekitar sepertiga lebih sedikit bahan peledak, tergantung pada jenisnya.

Untuk memicu ledakan di depot amunisi Rusia, GLSDB masih memberikan lebih dari cukup ledakan.

Namun cukup untuk merobohkan jembatan beton bertulang atau menyebarkan munisi tandan anti-personil di area yang luas, M31 jarak pendek mungkin setidaknya dua kali lebih efektif.

Baca juga: Tentara Ukraina selesai Latihan Militer Tank Challenger 2 di Inggris, Siap Perangi Rusia

Kelemahan teoritis terakhir adalah fakta bahwa GLSDB terbang ke sasarannya sebagai pesawat layang, bukan rudal balistik.

Sehingga lebih mudah bagi unit pertahanan udara Rusia untuk menembak jatuh GLSDB.

Namun, ini adalah pertanyaan yang tidak dapat dijawab oleh siapa pun, karena senjata tersebut belum diuji dalam pertempuran.

"GLSDB adalah solusi terbaik bagi pelanggan yang mencari solusi jangka panjang, presisi tinggi, dan terjangkau," tulis Saab.

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini