News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Virus Corona

Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Meski Darurat Kesehatan Global Dicabut

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi virus corona

TRIBUNNEWS.COM, MANILA - Departemen Kesehatan Filipina Selasa kemarin mengatakan bahwa masyarakat tidak boleh berpuas diri karena pandemi virus corona (Covid-19) belum berakhir.

Pernyataan ini disampaikan setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan langkahnya untuk mengakhiri status darurat global terkait krisis Covid-19.

Dikutip dari laman www.philstar.com, Rabu (10/5/2023), pekan lalu, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 yang menewaskan jutaan orang serta mendatangkan malapetaka ekonomi dan sosial, tidak lagi menjadi 'darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional' (PHEIC).

Perlu diketahui, PHEIC merupakan tingkat kewaspadaan tertinggi WHO.

Pemerintah Filipina menegaskan bahwa meskipun status darurat kesehatan global itu dicabut, namun virus ini akan tetap ada.

Baca juga: Status Virus Corona di Jepang Masuk Kategori 5, Dianggap Sama Seperti Sakit Flu Biasa

"Meskipun WHO telah mencabut status PHEIC, mereka tidak mengatakan pandemi telah berakhir. Kami ingin mengingatkan semua orang bahwa meskipun PHEIC telah dicabut, kita tidak boleh berpuas diri saat ini, kita tetap harus waspada," kata petugas kesehatan Maria Rosario Vergeire dalam sebuah pengarahan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini