News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Pangkalan Militer AS di Suriah Dihajar Serangan Udara, Kataib Hizbullah Klaim Gabung Perang Israel

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gambar yang diambil pada tanggal 6 Maret 2020 ini menunjukkan pemandangan tentara dan kendaraan militer AS di pangkalan militer yang digunakan oleh pasukan yang merupakan bagian dari intervensi militer internasional melawan ISIS di Rmeilan di provinsi Hasakeh, timur laut Suriah.

Pangkalan Militer Terbesar AS di Suriah yang Kena Hajar Serangan Udara, Kataib Hizbullah Klaim Gabung Banjir Al-Aqsa

TRIBUNNEWS.COM - Serangan udara terkoordinasi menghantam dua pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Suriah selatan dan timur laut pada Kamis (19/10/2023) pagi.

Dua pangkalan militer pendudukan AS di Suriah yang mendapat serangan itu adalah pangkalan Al-Tanf dan pangkalan ladang minyak Conoco.

Serangan ini menandai eskalasi terbaru level serangan terhadap pasukan AS di Asia Barat sejak dimulainya perang Gaza-Israel.

Menurut sumber informasi yang dilansir stasiun TV Al-Mayadeen, tiga drone mampu terbang di atas pangkalan Al-Tanf di perbatasan Suriah-Irak-Yordania.

Baca juga: Dikirim ke Medan Perang Pakai Lapis Baja Butut Soviet, Tubuh Tentara Rusia Berserakan di Avdiivka

Selain menembus area udara pangkalan militer, drone tersebut juga melancarkan beberapa serangan udara yang berhasil mengenai sasaran.

“Serangan itu menyebabkan kewaspadaan besar di dalam (Al-Tanf), pesawat militer dan helikopter terus menerus terbang (patroli) di daerah tersebut,” kata laporan Al-Mayadeen.

Sumber-sumber dalam pasukan koalisi pimpinan AS yang berbicara dengan Shafaq News Irak pada Rabu (18/10/2023) mengklaim kalau pasukan AS berhasil mencegat dan menjatuhkan dua drone, namun drone ketiga berhasil menargetkan pangkalan tersebut.

Pangkalan pendudukan AS di ladang minyak Conoco di Provinsi Deir Ezzor juga terkena beberapa roket.

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut dan tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Beberapa jam sebelum serangan udara terhadap pasukan AS tersebut, angkatan udara Israel menyerang tentara Suriah di wilayah barat daya provinsi Quneitra, menyebabkan kerusakan material.

Ledakan juga dilaporkan terjadi di Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki Israel.

Gambar yang diambil pada tanggal 6 Maret 2020 ini menunjukkan pemandangan tentara dan kendaraan militer AS di pangkalan militer yang digunakan oleh pasukan yang merupakan bagian dari intervensi militer internasional melawan ISIS di Rmeilan di provinsi Hasakeh, timur laut Suriah.

Pangkalan Militer AS di Irak Juga Diserang

Pasukan AS yang ditempatkan di pangkalan udara Ain al-Asad di Irak juga menjadi sasaran serangan udara pada Rabu, yang diklaim oleh faksi perlawanan milisi Kataib Hizbullah.

The Washington Post menyebut Kataib Hizbullah adalah milisi utama di Irak. Sejumlah sumber menyebut, mereka milisi adalah paramiliter Syiah Irak yang didukung Iran, yang beroperasi juga di Suriah.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini