News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Kantor Konsulatnya Mau Dibakar, Israel Tarik Semua Diplomat dari Turki

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Para pengunjuk rasa melemparkan batu bata ke Kedutaan Besar AS saat protes solidaritas dengan masyarakat Gaza di Awkar, Timur Beirut pada 17 Oktober 2023.

Kantor Konsulatnya Mau Dibakar, Israel Tarik Semua Diplomat dari Turki

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah Israel dilaporkan telah menarik semua diplomatnya dari Turki di tengah kekhawatiran akan terjadinya pembalasan dengan kekerasan terkait dengan pertempuran yang sedang berlangsung di Gaza.

Menurut laporan berbagai media, langkah ini menyusul serangkaian unjuk rasa pro-Palestina yang memanas di Turki pekan ini, beberapa di antaranya berakhir dengan bentrokan.

"Keputusan itu dibuat sebagai tindakan pencegahan keamanan akibat meningkatnya ketegangan di Timur Tengah, kata seorang pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya kepada AFP pada Kamis.

Baca juga: Demo Pro-Palestina Kian Masif dan Panas, Israel Evakuasi Staf Kedutaan, AS Tutup Konsulat di Turki

Dua pejabat Turki juga mencatat penarikan diri tersebut dalam komentarnya di Times of Israel, menekankan kalau penarikan tersebut “tidak bersifat politis” dan dilakukan semata-mata karena alasan keamanan.

Sehari sebelumnya, pemerintah Israel mendesak warganya untuk segera meninggalkan Turki karena ketakutan serupa menyusul protes yang kacau di konsulat Israel di Istanbul dan kedutaan Ankara.

Demonstrasi tersebut diadakan segera setelah sebuah rumah sakit Palestina di Gaza terkena serangan rudal atau roket, yang mana para pejabat di kedua belah pihak saling menyalahkan.

Ledakan itu menewaskan ratusan orang, menurut kementerian kesehatan Gaza.

Warga Libya meneriakkan slogan-slogan dan mengibarkan bendera nasional Palestina dan Libya saat mereka berbaris dalam solidaritas dengan rakyat Palestina di Lapangan Martir di ibu kota Tripoli, pada 10 Oktober 2023. Di masjid, stadion sepak bola, dan kota-kota di seluruh dunia Arab, sentimen pro-Palestina telah melonjak setelah serangan mengejutkan Hamas terhadap Israel, yang memicu gelombang solidaritas bagi rakyat Palestina. (Photo by Mahmud TURKIA / AFP) (AFP/MAHMUD TURKIA)

Pendemo Mau Bakar Konsulat Israel

Protes di luar konsulat akhirnya berubah menjadi kekacauan, dengan beberapa demonstran melemparkan batu, meluncurkan kembang api dan bahkan mencoba membakar fasilitas tersebut.

Polisi mengerahkan meriam air (water canon) dan semprotan merica untuk membubarkan massa yang marah.

Beberapa demonstran juga dilaporkan berusaha menyerbu kediaman Duta Besar Israel untuk Turki, Irit Lillian di Ankara.

Duta besar tersebut dan stafnya telah dievakuasi secara aman pada hari Kamis, menurut dua pejabat Turki.

Protes serupa juga terjadi di kota-kota di Timur Tengah, dengan demonstrasi pro-Palestina diadakan di Libya, Tunisia, Lebanon, Yordania, Irak, Suriah, Iran, Kuwait dan tempat lain.

Israel telah mengevakuasi staf diplomatik dari berbagai negara minggu ini.

Para staf diplomatik Israel di Maroko dan Mesir juga dipanggil pulang pada hari Rabu.

Kedutaan besarnya di Yordania dan Bahrain telah dikosongkan dalam beberapa hari terakhir, menurut stasiun penyiaran Israel, Kan.

(oln/RT/*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini