News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Teror di Moskow, Jubir Menlu Rusia, Maria Zakharova: AS Berada di Balik Semua Struktur Serupa ISIS

Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova.

Teror di Moskow, Jubir Menlu Rusia, Maria Zakharova: AS Berada di Balik Semua Struktur Serupa ISIS

TRIBUNNEWS.COM- Rusia mengatakan AS telah menyudutkan dirinya sendiri dengan menyalahkan ISIS atas serangan teror Moskow.

Washington menyatakan bahwa para militan di balik serangan itu adalah anggota 'ISIS-K,' sebuah kelompok bersenjata yang berbasis di Afghanistan yang anggotanya memiliki hubungan erat dengan angkatan bersenjata dan badan intelijen AS.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova menuduh pemerintah AS terpojok karena mengumumkan bahwa ISIS adalah pihak yang bertanggung jawab atas serangan teror di Balai Kota Crocus meskipun situasi masih berlangsung.

“Fakta bahwa dalam 24 jam pertama [setelah serangan], bahkan sebelum api padam, pihak Amerika mulai berteriak bahwa itu bukan Ukraina, saya pikir, adalah bukti yang memberatkan. Saya tidak bisa mengklasifikasikannya sebaliknya; itu adalah bukti tersendiri,” kata pejabat Kremlin dalam siaran radio Sputnik.

“Fakta kedua yang perlu diperhatikan adalah kekhawatiran AS bahwa ini pasti ulah ISIS,” Zakharova menekankan.

“Tentu saja, kecepatan mereka [mencapai kesimpulan yang begitu jelas] sungguh menakjubkan. Mereka hanya membutuhkan beberapa jam untuk mengambil mikrofon, menyalakan lampu, memanggil pers, dan menarik kesimpulan tentang siapa yang harus disalahkan atas serangan teroris yang sangat berdarah ini.”

Dia menambahkan bahwa tuduhan Washington menyudutkan diri mereka sendiri karena hal itu memungkinkan para ahli untuk mengingatkan semua orang tentang apa sebenarnya ISIS.

“Anda berada di balik semua struktur serupa ISIS; Anda – Amerika Serikat, Inggris – sendiri yang mewujudkannya,” simpulnya.

Komentar Zakharova muncul setelah pengumuman kepala Dinas Keamanan Federal (FSB) Rusia, Aleksandr Bortnikov, yang mengatakan tidak hanya Ukraina tetapi juga AS dan Inggris mungkin yang mendalangi serangan yang menewaskan 140 orang tersebut, dan menambahkan bahwa penyelidik sudah 'hasil yang konkrit'.

Seorang pejabat AS mengatakan pada hari serangan itu bahwa Washington tidak punya alasan untuk meragukan klaim ISIS bahwa kelompok tersebut bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Lebih lanjut, juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mengatakan kepada wartawan bahwa Gedung Putih saat ini tidak memiliki indikasi bahwa Ukraina atau warga Ukraina terlibat.

Dalam pidatonya pada hari Selasa, Presiden Rusia Vladimir Putin mengecam peringatan yang dikeluarkan awal bulan ini oleh Kedutaan Besar AS mengenai rencana serangan teror di Moskow sebagai “provokatif,” dan mengatakan “tindakan ini menyerupai pemerasan dan niat untuk mengintimidasi dan mengacaukan stabilitas masyarakat kita."

AS telah menggunakan ISIS, Al-Qaeda, dan kelompok ekstremis terkait lainnya untuk menggoyahkan musuh-musuh mereka di masa lalu.

Termasuk selama pemberontakan besar-besaran melawan Rusia di Chechnya pada tahun 1990an.

AS dan Israel juga menggunakan kelompok-kelompok ini dengan harapan dapat menggulingkan pemerintah Suriah dan Irak.

Pada tahun 2015, Rusia melakukan intervensi militer untuk mencegah jatuhnya Suriah ke tangan ISIS dan kelompok ekstremis lainnya.

(Sumber: The Cradle)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini