News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Pentagon Umumkan Tak ada Satu Pun Bantuan Kemanusiaan Diturunkan dari Dermaga Terapung Pantai Gaza

Penulis: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Proses pembangunan dermaga apung Gaza

Pentagon Umumkan Tak ada Satu Pun Bantuan Kemanusiaan Diturunkan dari Dermaga Terapung Pantai Gaza

TRIBUNNEWS.COM- Tidak ada bantuan yang diturunkan di dermaga AS yang mencapai Gaza: Pentagon.

Penundaan ini terjadi meskipun dermaga ‘kemanusiaan’ Washington telah beroperasi selama seminggu.

Pentagon mengatakan pada tanggal 21 Mei bahwa tidak ada satu pun bantuan kemanusiaan yang diturunkan dari dermaga terapung Washington di pantai Gaza, sementara AS mengatakan pihaknya bekerja sama dengan PBB dan Israel untuk mengidentifikasi rute aman menuju wilayah kantong yang terkepung.

Juru bicara Pentagon, Mayor Jenderal Patrick Ryder, mengatakan pada hari Selasa bahwa AS, Israel, dan PBB sedang berupaya untuk menentukan “rute alternatif” untuk pengiriman lebih dari 500 ton bantuan yang telah diangkut ke dermaga Gaza sejak minggu lalu.

Pengumuman tersebut muncul setelah warga Palestina yang putus asa, yang dilanda kelaparan akibat perang Israel, mencoba mencegat sejumlah truk yang membawa bantuan dari dermaga selama akhir pekan, menurut Ryder.

“Sampai hari ini, saya tidak yakin demikian,” kata Ryder ketika ditanya apakah ada bantuan yang diberikan kepada warga Gaza yang kelaparan di jalur yang terkepung.

“Kami antisipasi bantuan akan disalurkan dalam beberapa hari mendatang, tentunya jika kondisi memungkinkan,” imbuhnya.

“Saya sangat menghargai keputusasaan ini,” kata Ryder mengacu pada warga Palestina yang kelaparan yang berusaha mencegat truk bantuan, “sangat penting agar bantuan ini sampai ke orang-orang yang paling membutuhkan, hal itu akan terus menjadi fokus… Saya mengerti , Anda tahu, fokusnya adalah mengapa hal ini tidak berhasil, atau mengapa hal itu tidak berhasil, namun yang menjadi fokus kami adalah bagaimana kami dapat berupaya memastikan bahwa rakyat Palestina mendapatkan bantuan tersebut.”

“Kami antisipasi bantuan akan disalurkan dalam beberapa hari mendatang, tentunya jika kondisi memungkinkan,” lanjutnya.

Seorang pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada CNN bahwa “Departemen Pertahanan dan PBB masih bekerja untuk menentukan berapa banyak bantuan yang dapat ditahan di area penempatan di Gaza pada waktu tertentu.”

Kegagalan proyek Joint Logistics Over-the-Shore (JLOTS) Washington terjadi ketika bantuan menumpuk di perbatasan dengan Mesir, karena penyeberangan Rafah tetap ditutup oleh Israel karena operasi yang sedang berlangsung di kota paling selatan tersebut, yang sangat menghambat upaya tersebut. untuk memberikan bantuan kepada warga Gaza yang putus asa.

Semua penyeberangan lainnya dikendalikan oleh Israel, dan sejumlah kecil bantuan yang masuk ke jalur tersebut jauh di bawah jumlah yang dibutuhkan.

Program Pangan Dunia (WFP) PBB mengatakan pada awal Mei bahwa Gaza utara kini menghadapi kelaparan “yang parah”.

Tentara AS mengumumkan pada 16 Mei bahwa mereka telah menyelesaikan pemasangan dermaga sementara di pantai Gaza. Pengiriman bantuan mulai mengalir ke pantai Gaza melalui pelabuhan AS keesokan harinya, pada 17 Mei.

Israel telah berulang kali menargetkan warga Palestina yang kelaparan yang mencari bantuan di Gaza sejak dimulainya perang, termasuk beberapa insiden pada akhir Februari dan awal Maret, yang membuat warga Gaza mengantri untuk mendapatkan tepung yang ditembak mati oleh pasukan Israel.

Pasukan Israel telah melakukan setidaknya delapan serangan udara terhadap pekerja dan fasilitas bantuan di Gaza sejak Oktober meskipun ada komunikasi langsung dengan kelompok tersebut, kata Human Rights Watch (HRW) dalam sebuah laporan yang dirilis pada 14 Mei.

Tujuh pekerja bantuan dari World Central Kitchen (WCK) tewas dalam serangan Israel awal bulan lalu.

(Sumber: The Cradle)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini