News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Partai Buruh Menang Pemilu, Keir Starmer Bakal Gantikan Rishi Sunak Jadi PM Inggris

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nanda Lusiana Saputri
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pemimpin Partai Buruh Inggris, Keir Starmer, berpotensi menggantikan Rishi Sunak sebagai Perdana Menteri Inggris yang baru.

TRIBUNNEWS.COM - Pemimpin Partai Buruh Inggris, Keir Starmer, sedang menuju kemenangan telak dalam pemilihan umum Inggris menurut hasil survei exit poll terbaru oleh ITV, BBC, dan Sky yang dirilis pada Jumat (5/7/2024).

Pemilu tersebut diadakan pada Kamis (4/7/2024) pukul 7 pagi hingga 10 malam waktu setempat.

Jajak pendapat terbaru memprediksi Partai Buruh akan memenangkan 410 kursi dari 650 kursi di DPR dan Partai Konservatif pimpinan Rishi Sunak mendapat 131 kursi.

Jika jajak pendapat itu akurat, Keir Starmer berpotensi menggantikan Rishi Sunak sebagai Perdana Menteri Inggris yang baru.

Itu akan menjadi jumlah terbanyak sejak kemenangan telak pemimpin Partai Buruh sebelumnya, Tony Blair, pada tahun 1997, dengan proyeksi mayoritas 170. 

Untuk mengamankan kemenangan, sebuah partai perlu memenangkan 326 kursi di DPR yang beranggotakan 650 orang.

Keir Starmer Menang Telak di Holborn dan St Pancras

Keir Starmer mengadakan pidato kemenangan setelah ia terpilih kembali di Holborn dan St Pancras dengan mayoritas 11.572 suara.

Ia mengatakan akan bekerja untuk semua orang di daerah pemilihannya, tanpa memandang siapa yang memilihnya.

“Saya akan berbicara untuk Anda, mendukung Anda, memperjuangkan kepentingan Anda, setiap hari," katanya kepada konstituennya, kemarin.

"Saya berjanji: Apakah Anda memilih saya atau tidak, saya akan melayani setiap orang di daerah pemilihan ini. Para ibu yang saya temui yang kehilangan anak-anaknya karena kejahatan penikaman, para pensiunan yang tidak bisa mendapatkan janji temu dengan dokter yang sangat mereka butuhkan, para pebisnis lokal yang telah berjuang keras untuk tetap bertahan hidup," lanjutnya, dikutip dari NDTV.

Baca juga: 4 Hal tentang Pemilu Inggris 2024: Partai Buruh Diprediksi Kalahkan Partai Konservatif Rishi Sunak

Pada Jumat (5/7/2024) pagi, hasil jajak pendapat terbaru juga memperlihatkan jumlah kursi di DPR yang diperoleh partai lainnya, dengan rincian sebagai berikut:

  • Partai Buruh: 410 kursi
  • Partai Konservatif: 131 kursi
  • Partai Demokrat Liberal: 61 kursi
  • Reform UK: 13 kursi
  • SNP: 10 kursi
  • Plaid Cymru: 4 kursi
  • Partai Hijau: 2 kursi.

Partai Konservatif pimpinan Rishi Sunak diproyeksikan akan merosot hingga 131 kursi, menandai kinerja terburuk mereka dan kemungkinan akan membuat beberapa nama besar partai tersebut tersingkir dari Parlemen.

Partai Demokrat Liberal dan partai Reform UK pimpinan Nigel Farage yang populis juga berada di jalur yang tepat untuk meraih kemenangan besar.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini