News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Prancis dan Spanyol Pasang Radar di Lebanon Selatan untuk Pantau Hizbullah, Libatkan Pasukan UNIFIL

Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Misi perdamaian UNIFIL

Prancis dan Spanyol Pasang Radar di Lebanon Selatan untuk Pantau Hizbullah, Libatkan UNIFIL

TRIBUNNEWS.COM- Prancis dan Spanyol pasang radar di Lebanon selatan untuk 'memantau Hizbullah', sebuah laporan mengungkapkan.

Aktivitas pengawasan ini dipimpin oleh pasukan UNIFIL di Lebanon selatan, yang selama bertahun-tahun dituduh bertindak atas nama kepentingan Israel.

Radar Prancis dan Spanyol yang dipasang oleh UNIFIL di selatan Lebanon digunakan untuk menargetkan perlawanan atas nama Israel, harian Lebanon Al-Akhbar melaporkan pada tanggal 15 Agustus.

“Seminggu yang lalu, sebuah pesawat nirawak Israel menargetkan dua pejuang Hizbullah di Naqoura. Para saksi mata mengatakan pesawat nirawak itu tidak terlihat atau terdengar sebelum serangan mendadak itu, yang mengarahkan perhatian pada radar Prancis baru yang dipasang di atas pangkalan UNIFIL di Gunung Naqoura, dan apakah radar itu digunakan untuk memantau pergerakan perlawanan,” tulis Al-Akhbar .

Radar Prancis, yang disebut sebagai "radar laut" oleh harian itu, dipasang di wilayah selatan dua minggu lalu atas permintaan Kepala Staf UNIFIL, warga negara Prancis Cédric du Gardin, katanya.

“Sebelum masa jabatannya berakhir pada akhir Juli lalu, mantan Kepala Staf Prancis itu mengirim sepucuk surat yang 'menegur para perwiranya karena gagal mendeteksi satu pun pesawat tanpa awak, rudal pertahanan udara, atau roket' yang diluncurkan oleh kelompok perlawanan,” imbuh laporan itu.

Sebelum ini, radar Spanyol dipasang di Dataran Blat di Marjayoun, Lebanon selatan.

Israel "meminta komandan UNIFIL saat ini, warga Spanyol Arludo Lazarro, untuk memasang radar segera setelah pengangkatannya dua tahun lalu.

Namun, tekanan lokal Lebanon menunda keputusan tersebut hingga Panglima Angkatan Darat Joseph Aoun dan pemerintah menyatakan persetujuan mereka, sementara Menteri Pertahanan Maurice Slim menolak," kata sumber kepada surat kabar tersebut.

Radar Spanyol memantau wilayah Shebaa Farms dan perbukitan Kfar Shuba yang diduduki di perbatasan Lebanon.

Kedua radar tersebut “melengkapi sistem radar Prancis yang dipasang sejak setelah agresi Juli 2006 di Lebanon” di sekitar Bint Jbeil, demikian laporan harian itu.

Menurut laporan tersebut, angkatan laut UNIFIL juga telah bergabung dalam kampanye intelijen untuk menutupi titik buta yang ditimbulkan oleh serangan Hizbullah terhadap situs dan peralatan pengawasan Israel.

"Sebuah kapal perang Jerman, yang telah menjadi komando angkatan laut UNIFIL sejak 2001, ditempatkan di lepas pantai Naqoura. Tidak seorang pun tahu siapa yang menaiki atau turun dari kapal itu atau menggunakannya untuk pengintaian, terutama di wilayah yang membentang dari Tyre hingga Naqoura, yang telah menjadi saksi beberapa pembunuhan," kata sumber di lapangan kepada surat kabar tersebut.

UNIFIL telah beroperasi di Lebanon sejak invasi pertama Israel tahun 1978. Meskipun demikian, pasukan mereka gagal mengakhiri pendudukan selama 18 tahun dan telah berupaya memperluas wilayah pengaruh mereka tanpa izin yang sah.

Banyak pihak di Lebanon selama bertahun-tahun menuduh UNIFIL bertindak untuk menekan perlawanan di selatan atas nama Israel.

Tahun lalu, Washington dan London telah berusaha, atas nama Israel, untuk mendapatkan persetujuan Lebanon atas resolusi Dewan Keamanan PBB yang menjamin kebebasan bergerak bagi UNIFIL di seluruh negeri, tanpa pendampingan dari tentara Lebanon sebagaimana hukum.

“AS dan Israel tidak mampu menerapkan klausul kebebasan bergerak meskipun ada tekanan besar pada Lebanon,” kata Munir Shehadeh, mantan koordinator pemerintah Lebanon untuk UNIFIL, kepada Al-Akhbar .

SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini