News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kiper Jerman Manuel Neuer Pensiun dari Tim Nasional

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kiper Jerman Manuel Neuer Pensiun dari Tim Nasional

Manuel Neuer yang merupakan kiper utama tim nasional Jerman selama 15 tahun, mengumumkan pada hari Rabu (21/08) ia mengambil keputusan berat untuk pensiun dari tim sepak bola nasional Jerman.

Bintang Bayern München berusia 38 tahun itu tampil 124 kali untuk membela nama negaranya di lapangan hijau, dan merupakan bagian penting dari tim Jerman yang untuk keempat kalinya memenangkan Piala Dunia di Brasil pada tahun 2014.

Neuer mengumumkan keputusan tersebut dalam sebuah unggahan di Instagram, di mana ia mengatakan bahwa meskipun tergiur untuk mencoba bertahan hingga Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko, ia telah mengambil keputusan bulat, "sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengambil langkah ini."

Keputusan tersebut diambil hampir tujuh minggu setelah timnas Jerman tersingkir oleh Spanyol dalam laga di babak perempat final Piala Eropa 2024 yang diselenggaran di Jerman.

Neuer mengatakan, keputusan ini diambil setelah melalui banyak diskusi mendalam dan panjang dengan keluarga dan teman-teman.

"Ketika saya mengingat kembali hari ini, saya merasa bangga dan bersyukur! Terutama karena kami mampu mewujudkan impian besar kami pada 13 Juli 2014, dan menjadi juara dunia di Brasil," kata pemain yang berasal dari kota Gelsenkirchen, yang memulai kariernya di Klub Schalke 04.

"Selama tujuh tahun dan 61 pertandingan — hingga cedera — saya mampu memimpin tim nasional Jerman ke lapangan sebagai kapten. Sebuah kehormatan yang selalu saya hargai."

Cedera yang disebutkannya, merujuk pada insiden patah kaki yang membuatnya absen berlaga hampir setahun, hingga kembali bermain untuk Bayern Oktober lalu.

Neuer bersama timnya Bayern München sejauh ini telah memenangkan 11 gelar Bundesliga, dua gelar Liga Champions, dan dua gelar Piala Dunia Antarklub.

Pergantian generasi

Keputusan yang diambil Neuer selaras dengan rencana pelatih tim nasional Jerman Julian Nagelsmann, untuk membuat skuad nasional lebih muda, dengan melihat pada kejuaraan Piala Dunia 2026, yang akan diselenggarakan di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

Neuer adalah pemain terakhir dari skuad yang memenangkan Piala Dunia 2014 yang pensiun dari ajang sepak bola internasional, setelah Thomas Müller dan Toni Kroos terlebih dulu mengumumkan pensiun dari timnas setelah usainya Piala Eropa 2024.

Ayo berlangganan gratis newsletter mingguan Wednesday Bite. Recharge pengetahuanmu di tengah minggu, biar topik obrolan makin seru!

Kroos yang berusia 34 tahun mengakhiri kariernya setelah Piala Eropa, sementara Müller, seperti juga Neuer, akan terus bermain untuk Bayern München.

Awal minggu ini, llkay Gündogan yang menjadi kapten Jerman di laga Piala Euro 2024, juga mengumumkan pengunduran dirinya dari ajang sepak bola internasional.

Kepergian Neuer dari timnas Jerman, membuat Marc-André ter Stegen dari FC Barcelona, ​​kemungkinan besar akan mengambil alih peran sebagai kiper utama timnas Jerman.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini