News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Ukraina Dibanjiri Senjata AS di Hari Kemerdekaan, Pentagon: Paket Militer 125 Juta Dolar OTW Kiev

Penulis: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) dalam sebuah latihan militer. AS kembali mengirimi roket HIMARS ke Ukraina untuk meningkatkan pertahanan negara tersebut.

TRIBUNNEWS.COM -- Ukraina kembali dibanjiri senjata dari Amerika Serikat (AS) pada perayaan Hari Kemerdekaannya yang jatuh pada hari ini, Sabtu (24/8/2024).

Paket bantuan senilai 125 juta dolar AS tersebut sedang dalam perjalanan menuju Kiev dan tiba hari ini.

Departemen Pertahanan AS atau Pentagon mengumumkan rincian senjata-senjata dan alat pendukung dalam peperangan yang dikirim menuju Ukraina.

Baca juga: Rusia Rekrut WNA Jadi Tentara, Kehabisan Orang?

"Menjelang Hari Kemerdekaan Ukraina, hari ini Departemen Pertahanan (DoD) mengumumkan bantuan keamanan tambahan untuk memenuhi kebutuhan keamanan dan pertahanan Ukraina yang kritis," kata Dephan AS dalam keterangannya dikutip dari Pravda, Sabtu (24/8/2024).

Disebutkan, paket senilai 125 juta dolar AS ini mencakup peralatan pertahanan udara, amunisi untuk sistem rudal dan artileri, dan senjata antitank.

Secara khusus, paket ini mencakup:

  • Peralatan dan amunisi Counter-Unmanned Aerial Systems (c-UAS);
  • Amunisi untuk High Mobility Artillery Rocket Systems (HIMARS);
  • Amunisi artileri 155mm dan 105mm;
  • Rudal yang diluncurkan dari tabung, dilacak secara optik, dan dipandu oleh kawat (TOW); Sistem anti-lapis baja Javelin dan AT-4;
  • Ambulans Kendaraan Beroda Serbaguna Mobilitas Tinggi (HMMWV);
  • Amunisi senjata ringan;
  • Peralatan medis;
  • Peralatan dan amunisi penghancur;
  • Suku cadang, peralatan tambahan, layanan, pelatihan, dan transportasi.

Disebutkan juga, paket ini menjadi kiriman ke-64 dari peralatan militer AS yang akan disediakan dari inventaris Pentagon untuk Ukraina sejak Agustus 2021.

Pada Jumat kemarin, Presiden AS Joe Biden mengatakan, paket bantuan militer dikirim ke Ukraina untuk mendukung perjuangan Ukraina dari invasi Rusia.

Baca juga: 31 Orang Tewas Akibat Serangan Ukraina ke Wilayah Kursk Rusia

"Amerika Serikat dan koalisi internasional yang terdiri dari sekitar 50 Sekutu dan mitra tetap berkomitmen untuk mendukung para pembela pemberani Ukraina yang terus berjuang melawan agresi Rusia."

Pada Jumat kemarin, Presiden Joe Biden menyempatkan diri menelepon Prasiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyatakan selamat atas Hari Kemerdekaan Ukraina yang jatuh pada 24 Agustus atau Sabtu hari ini.

Selain mengucapkan selamat, Biden mengumumkan alokasi paket bantuan militer baru, dan menegaskan kembali dukungannya yang teguh bagi rakyat Ukraina.

"Paket tersebut mencakup rudal pertahanan udara untuk melindungi infrastruktur penting Ukraina; peralatan anti-drone dan rudal anti-tank untuk mempertahankan diri dari taktik Rusia yang terus berkembang di medan perang; dan amunisi untuk tentara garis depan dan sistem roket bergerak yang melindungi mereka," kata Biden.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini