News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Rusia Vs Ukraina

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-921: Kyiv Hujani Moskow dengan Serangan Pesawat Nirawak

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pejabat Rusia mengungkapkan kalau Ukraina baru saja melancarkan serangan pesawat nirawak pada malam hari yang menyasar Moskow dan beberapa wilayah Rusia lainnya pada Sabtu (31/8/2024) malam dan hingga Minggu (1/9/2024) pagi.

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini sejumlah peristiwa yang terjadi dalam perang Rusia-Ukraina hari ke-921 pada Minggu (1/9/2024).

Pejabat Rusia mengungkapkan kalau Ukraina baru saja melancarkan serangan pesawat nirawak pada malam hari yang menyasar Moskow dan beberapa wilayah Rusia lainnya pada Sabtu (31/8/2024) malam dan hingga Minggu (1/9/2024) pagi.

"Sebuah pesawat nirawak yang menuju Moskow hancur di wilayah sekitar ibu kota Rusia," papar Wali Kota Moskow, Sergei Sobyanin.

Setidaknya ada 12 pesawat nirawak hancur di wilayah perbatasan Bryansk di barat daya Rusia, kata gubernur wilayah tersebut, Alexander Bogomaz.

Dua pesawat nirawak jatuh di wilayah Kursk.

Tidak ada cedera atau kerusakan menurut informasi awal.

Kendati demikian, klaim mereka tidak dapat diverifikasi secara independen dan tidak ada komentar langsung dari Ukraina.

Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-921:

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-920: Rusia Klaim Ukraina Tembakkan Bom Curah ke Belgorod

  1. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mendesak Amerika Serikat (AS) agar mengizinkan Kyiv menyerang target militer di dalam wilayah Rusia setelah perwakilannya bertemu dengan pejabat senior AS di Washington pada hari Sabtu (31/8/2024).

    Zelensky mengatakan bom udara berpemandu menewaskan enam orang dan melukai 97 orang di Kharkiv pada hari Jumat (30/8/2024), dengan lebih banyak serangan pada hari Sabtu (31/8/2024).

    Katanya, situasi tersebut dapat dihindari hanya "dengan menyerang lapangan udara militer Rusia, pangkalan mereka, dan logistik teror Rusia".

    Baginya, membersihkan langit Ukraina dari bom udara berpemandu Rusia akan menjadi "langkah kuat untuk memaksa Rusia untuk mengakhiri perang dan perdamaian yang adil".

    "Kami membutuhkan izin untuk kemampuan jarak jauh dan peluru serta rudal jarak jauh Anda," kata Zelensky.

    Washington telah memberi Ukraina bantuan militer senilai lebih dari $50 miliar sejak 2022, tetapi telah membatasi penggunaan senjatanya ke tanah Ukraina dan operasi lintas batas defensif.
  2. Serangan bom berpemandu Rusia pada hari Sabtu (31/8/2024) menewaskan dua wanita dan melukai 10 lainnya termasuk anak-anak di sebuah desa di wilayah Kharkiv , Ukraina , kata gubernur Oleh Synehubov.

    Synehubov mengatakan pasukan Rusia menyerang desa Cherkaska Lozova dengan bom berpemandu, merusak sebuah bangunan tempat tinggal.
  3. Lima orang tewas di Chasiv Yar di wilayah Donetsk ketika Rusia menembaki kota itu pada Sabtu (31/8/2024) pagi, kata Kepala Administrasi Militer regional Donetsk, Vadym Filashkin.
  4. Hari berkabung ditetapkan di Kharkiv setelah tujuh orang, termasuk seorang gadis berusia 14 tahun, tewas dalam serangan Rusia.

    Wali kota Kharkiv, Ihor Terekhov, dan Volodymyr Zelensky menyampaikan belasungkawa.

    “Belasungkawa saya kepada semua yang kehilangan keluarga dan orang-orang terkasih. Hari berkabung telah diumumkan di Kharkiv hari ini,” kata Terekhov.

    Sedangkan Zelensky menyebut “Rusia akan bertanggung jawab atas semua perbuatan jahatnya”.
  5. Pasukan Rusia menguasai pemukiman Kirove, yang dikenal di Ukraina sebagai Verezamske, di wilayah Donetsk, Ukraina timur, kata Kementerian Pertahanan di Moskow.

    Secara terpisah, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya telah menangkis serangan Ukraina di wilayah Kursk termasuk ke arah Korenevo dan Malaya Loknya.
  6. Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan serangan menewaskan lima orang dan melukai 46 lainnya di Belgorod pada hari Jumat (31/8/2024).

    Gubernur setempat, Vyacheslav Gladkov, mengatakan 37 orang dibawa ke rumah sakit, tujuh di antaranya anak-anak.

    Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Rusia meminta "semua pemerintah yang bertanggung jawab dan struktur internasional yang relevan untuk mengutuk keras serangan teroris yang brutal ini".

    Ukraina membantah telah menargetkan warga sipil.
  7. Ukraina mengatakan pada hari Sabtu bahwa sistem pertahanan udaranya menembak jatuh 24 dari 52 pesawat nirawak yang diluncurkan oleh Rusia.

    25 jatuh dengan sendirinya, dengan tiga terbang menuju Rusia dan Belarus.

    Tidak ada laporan tentang cedera atau kerusakan besar.
  8. AS telah memutuskan untuk tidak mengajukan usulan penempatan kontraktor Amerika ke Ukraina guna memelihara peralatan militer barat, termasuk jet tempur F-16.
  9. Ketidakpuasan terhadap Presieden Rusia, Vladimir Putin meningkat di tengah serbuan Ukraina ke wilayah Kursk.

    Sejak melancarkan serangan pada 6 Agustus, Kyiv mengklaim telah merebut puluhan permukiman dan lebih dari 1.200 kilometer persegi wilayah.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini