News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Penyerbuan Hari Ke-5, Israel Hancurkan Infrastruktur Rumah Sakit, Jalan dan Stadion Kota Jenin

Penulis: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pemandangan kerusakan jalan dan infrastruktur publik di Jalan Abu Bakr Al Siddiq yang dirusak oleh alat berat Israel bersamaan dengan operasi militer mereka pada hari ke-5 di Jenin, Tepi Barat pada, 1 September 2024.

TRIBUNNEWS.COM - Aksi brutal tentara Israel di Tepi Barat terus berlanjut. Mereka makin masif melakukan penghancuran infrastruktur di Kota Jenin di Tepi Barat seperti infrastruktur rumah sakit, jalan-jalan hingga stadion sepakbola.  

Organisasi Doctors Without Borders (MSF) menyatakan keprihatinan mendalam atas skala dan intensitas serangan Israel ke kota Jenin di Tepi Barat.

Mereka melaporkan, pasukan pendudukan Israel terus menghalangi akses ke fasilitas kesehatan, mencegah dan bahkan menargetkan ambulans, sehingga menunda akses masyarakat ke perawatan medis.

Dalam pernyataan singkat yang diunggah di media sosial X kemarin, organisasi internasional tersebut mengabarkan Rumah Sakit Khalil Suleiman yang didukung MSF telah dikepung oleh pasukan Israel sejak Israel memulai serangan ke Jenin.

Pasukan Israel menyabotase pasokan listrik dan air ke rumah sakit tersebut. Tim medis terpaksa menghentikan operasi dialisis, yang merupakan kunci untuk perawatan gagal ginjal.

Pasukan Israel menyerbu kamp pengungsi Nur Shams, di Tulkarem, Tepi Barat, pada 09 Juli 2024.

“Di Tulkarm, setelah penarikan pasukan Israel, tim kami melihat kehancuran di kamp-kamp dan mendengar laporan yang mengganggu dari seorang relawan yang dilatih MSF yang dipukuli dan diinterogasi oleh otoritas Israel,” sebut MSF.

Doctors Without Borders telah meminta Israel melindungi akses ke perawatan medis termasuk rumah sakit, ambulans dan misi kemanusiaan medis.

Pasukan Israel Hancurkan Stadion Sepakbola

Tentara pendudukan Israel juga dengan sengaja menghancurkan stadion sepak bola di kota Jenin di wilayah utara Tepi Barat yang diduduki selama serangan militer yang sedang berlangsung di kota tersebut dan kamp pengungsi yang dimulai Rabu lalu.

Asosiasi Sepak Bola Palestina menerbitkan klip video yang memperlihatkan pemandangan yang mengejutkan dari kerusakan parah pada stadion termasuk lapangan dan tribunnya. Seluruh area berubah menjadi puing-puing oleh buldoser pendudukan Israel.

Asosiasi Sepak Bola Palestina mengutuk serangan terhadap stadion tersebut dengan mengatakan bahwa hal itu merupakan pelanggaran mencolok terhadap semua hukum dan norma internasional yang melindungi fasilitas olahraga dan menjamin hak kaum muda untuk berolahraga.

Patroli kendaraan lapis baja tentara Israel terhadap Kamp Pengungsi Jenin di Jenin, Tepi Barat pada Sabtu, 31 Agustus 2024.

Asosiasi tersebut meminta badan-badan internasional dan organisasi olahraga global untuk mengambil tindakan mendesak guna menekan pendudukan Israel agar menghentikan pelanggaran ini dan meminta pertanggungjawaban dari mereka yang bertanggung jawab.

Israel melancarkan serangan terbesarnya di Jenin dalam 20 tahun terakhir pada Rabu lalu dan sejak itu telah menghancurkan lebih dari 70 persen jalan kota, menurut pemerintah daerah setempat.

Baca juga: Alasan Hancurkan Infrastruktur Jenin, Israel Ketakutan Skenario Serangan Ala Hamas di Tepi Barat

“Pasukan pendudukan [Israel] telah menghancurkan lebih dari 70 persen jalan kota secara menyeluruh … hingga kedalaman sekitar satu hingga satu setengah meter, yang mengakibatkan hancurnya jaringan air dan pembuangan limbah, serta kabel komunikasi dan listrik, di area yang dihancurkan, yang awalnya diperkirakan mencakup 20 kilometer,” kantor berita Palestina Wafa melaporkan, mengutip Bashir Matahen, direktur Hubungan Masyarakat dan Media di Kotamadya Jenin.

Ia mencatat bahwa “air telah terputus dari 80 persen kota dan seluruh kamp karena hancurnya jaringan dan ketidakmampuan tim teknis untuk menjangkau jaringan ini untuk mengalihkannya ke area lain.”

Pekerja kotamadya tidak dapat memperbaiki jaringan yang rusak, jelasnya, karena mereka telah diserang oleh pasukan Israel.

Wali kota Jenin kemarin membandingkan operasi militer Israel yang sedang berlangsung di kota itu dengan “gempa bumi”, memperkirakan bahwa sekitar 500 juta shekel ($135,2 juta) kerusakan telah terjadi sejauh ini.


Sumber: Middle East Monitor

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini