News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

Kapal Tanker LNG Rusia akan Melewati Sanksi AS, Melalui Rute Laut Utara

Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kapal tanker Qatar yang mengangkut LNG mulai beroperasi melintasi Laut Merah.

Kapal Tanker LNG Rusia akan Melewati Sanksi AS Melalui Rute Laut Utara

TRIBUNNEWS.COM- Kapal tanker LNG Rusia akan melewati sanksi AS melalui rute Laut Utara.

Saat es di Kutub Utara mencair, Rusia berupaya menciptakan rute transit baru antara Eropa dan Asia di tengah sanksi AS atas perang di Ukraina.

Sebuah kapal tanker gas alam cair (LNG) yang terkena sanksi AS telah bergerak ke timur menuju Asia dari pabrik LNG Arktik 2 di sepanjang Rute Laut Utara (NSR) Rusia, Business Standard melaporkan pada 10 September.

Menurut data pelacakan kapal LSEG, kapal tanker Everest Energy sedang memuat LNG di Arctic LNG 2 dan sekarang sedang dalam perjalanan dari Laut Kara ke Laut Laptev di sepanjang NSR.

Rusia berupaya menjadikan NSR sebagai rute pelayaran yang layak yang akan mempersingkat waktu transit antara Eropa dan Asia.

Sebagian besar barang yang saat ini dikirim antara Eropa dan Asia melewati Terusan Suez di Mesir.

Kapal tanker Everest Energy adalah bagian dari armada bayangan Rusia yang memindahkan gas alam dari fasilitas Arctic LNG 2, yang dioperasikan oleh perusahaan Rusia Novatek.

Kapal tanker tersebut berada di bawah sanksi Departemen Keuangan AS yang dijatuhkan terhadap Rusia sebagai tanggapan atas perang Moskow melawan Ukraina.

Es laut menghalangi pergerakan di sepanjang rute dari Murmansk, dekat perbatasan Rusia dengan Norwegia, ke Selat Bering, dekat Alaska.

GCaptain melaporkan bahwa sejak 2017, NSR telah melihat ratusan pengiriman gas cair, tetapi hanya melalui penggunaan kapal berkemampuan es yang sangat khusus.

Everest Energy merupakan maskapai penerbangan reguler pertama yang berupaya melintasi rute sepanjang 3.500 mil laut, di mana es secara bertahap mencair.

"Jalur air ini tidak menarik bagi perusahaan pelayaran saat es laut yang tebal 'bertahun-tahun' mencekik perairan di sepanjang pantai utara Kanada dan Rusia.
Namun kini, perubahan iklim menyebabkan es menipis dan menyusut," jelas Arctic Institute pada tahun 2011.

Tujuan pasti kapal tanker Everest Energy masih belum diketahui.

Attaqa melaporkan kemungkinan besar kargo LNG akan dipindahkan ke unit penyimpanan terapung Koryak yang terletak di Semenanjung Kamchatka Rusia atau ke terminal penerima di negara Asia.

Sanksi AS dapat memblokir Rusia mengekspor LNG dari terminal Arctic 2 ke Eropa terdekat dan negara-negara sekutu barat, tetapi sanksi tidak mungkin mencegah penjualan LNG Rusia sepenuhnya di luar kerangka ini, khususnya ke China dan India, tambah Attica .

Uni Eropa belum menjatuhkan sanksi terhadap gas Rusia. Meskipun pasokan melalui jaringan pipa Nord Stream telah terhenti setelah dibom pada September 2022, gas Rusia masih mengalir ke Eropa melalui jaringan pipa yang melintasi Ukraina berdasarkan kesepakatan antara Moskow dan Kiev yang berakhir pada akhir tahun 2024.

Selama tujuh bulan pertama tahun 2024, impor LNG Rusia di Eropa meningkat hampir 10 persen menjadi 11,27 juta ton, meskipun perang sedang berlangsung di Ukraina.

SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini