News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Konflik Palestina Vs Israel

PM Spanyol Serukan Penangguhan Perjanjian Perdagangan Bebas antara Uni Eropa dan Israel

Editor: Muhammad Barir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez saat berbicara di KTT NATO

PM Spanyol Serukan Penangguhan Perjanjian Perdagangan Bebas antara Uni Eropa dan Israel

TRIBUNNEWS.COM- Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez pada tanggal 14 Oktober mendesak anggota Uni Eropa lainnya untuk menangguhkan perjanjian perdagangan bebas blok tersebut dengan Israel sebagai tanggapan atas kejahatan perangnya di Gaza dan Lebanon.

Spanyol dan Irlandia meminta negara-negara Uni Eropa untuk menangguhkan Perjanjian Asosiasi Uni Eropa-Israel atas dasar bahwa Israel mungkin melanggar klausul hak asasi manusia dalam perjanjian tersebut.

"Komisi Eropa harus menanggapi sekali dan untuk selamanya permintaan resmi yang dibuat oleh dua negara Eropa untuk menangguhkan perjanjian asosiasi dengan Israel jika ditemukan, seperti yang tersirat, bahwa hak asasi manusia sedang dilanggar,"  kata Sánchez dalam sebuah acara pada hari Senin di Barcelona.

Perjanjian tersebut menetapkan bahwa perdagangan bebas antara UE dan Israel harus "didasarkan pada penghormatan terhadap hak asasi manusia dan prinsip-prinsip demokrasi."

Komentar Sanchez muncul beberapa hari setelah ia mendesak masyarakat internasional untuk berhenti menjual senjata ke Israel, dengan mengutip serangan Israel terhadap pasukan Pasukan Sementara Perserikatan Bangsa-Bangsa di Lebanon (UNIFIL) yang bermarkas di perbatasan Israel-Lebanon.

Tentara Israel melukai empat tentara UNIFIL dalam serangan pada hari Kamis dan Jumat saat menabrakkan tank ke pintu masuk pangkalan UNIFIL pada hari Minggu.

Seorang penjaga perdamaian kelima terluka pada hari Jumat, tetapi sumber tembakan tidak diketahui.

Di tempat lain, muncul laporan bahwa politisi Jerman telah memblokir penjualan senjata ke Israel dalam beberapa bulan terakhir.

Majalah Bild melaporkan pada tanggal 14 Oktober bahwa menurut sumber dalam pemerintahan Jerman dan kalangan keamanan, Menteri Ekonomi Robert Habeck dan Menteri Luar Negeri Annalena Baerbock dari Partai Hijau telah memblokir penjualan senjata ke Israel selama berbulan-bulan.

Meskipun secara terbuka menyatakan tidak ada larangan penjualan senjata ke Israel, sumber Bild mengklaim bahwa politisi Partai Hijau menolak menyetujui penjualan senjata baru sampai Israel setuju memberikan janji tertulis bahwa "senjata yang berasal dari Jerman tidak akan digunakan untuk genosida."

Menurut sumber tersebut, persyaratan tersebut "secara implisit menimbulkan kecurigaan bahwa Israel mungkin melakukan genosida."

Namun,  sumber Bild mengatakan bahwa Israel telah memberikan Jerman janji tertulis yang diperlukan beberapa hari yang lalu, yang memungkinkan Kanselir Olaf Scholz untuk mengumumkan di Bundestag bahwa "pasokan senjata tambahan akan segera dilakukan."


SUMBER: THE CRADLE

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini