News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sistem Operasi Windows XP Sudah Basi

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Fajar Anjungroso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam bisnis produk software dituntut adanya siklus peningkatan (enhancement) guna memenuhi perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar. Pengguna yang bertahan dengan produk terdahulu menghadapi resiko keamanan, keandalan dan ketersediaan dukungan.

"Windows XP itu  sudah tertinggal tiga generasi dibandingkan sistem operasi terbaru saat ini. Dengan segera berakhirnya dukungan Microsoft terhadap XP, maka penggunanya bagaikan mengendarai mobil atau motor tanpa sabuk pengaman atau helm," kata Djarot Subiantoro - Ketua Asosiasi Piranti Lunak Telematika Indonesia (ASPILUKI) di Jakarta, Senin (8/4/2013).

Maka itu, pengguna harus segera  melakukan persiapan pindah atau migrasi ke OS yang lebih baru walaupun Windows XP telah menjadi platform utama yang diandalkan oleh konsumen maupun bisnis selama bertahun-tahun.

"Namun dengan akan berakhirnya dukungan terhadap XP, penting bagi perusahaan bersiap pindah ke OS yang lebih baru, agar user dapat tetap mengandalkan PC mereka," kata Bryan Ma - Associate Vice President of Client Devices Research untuk IDC Asia/Pacific dalam kesempatan sama.

Alan Tong - Direktur Frost & Sullivan Asia Pacific, menyatakan, teknologi baru dalam mobile computing dan canggihnya serangan terhadap keamanan jaringan akan menjadi batu ujian terhadap kinerja XP saat dukungan berakhir. Bisnis harus mempertimbangkan berbagai biaya akibat kerentanan sistem TI mereka apabila terus menggunakan OS yang ada saat ini," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini