News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Game Driving Simulator Buatan Anak Negeri Bisa Di-download Gratis

Editor: Fajar Anjungroso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Prihatin dengan tingginya tingkat kecelakaan yang melibatkan pengendara sepeda motor, Godham Eko Saputro, membuat sebuah game berjudul “Simulasi Aman Berkendara”.

Permainan ini bisa dimainkan pada gadget-gadget yang berbasis Android. Game ini dibuatnya juga sebagai syarat kelulusan dari studi pasca sarjana BKPLN jurusan Game Tech di salah satu Universitas di Bandung, Jabar.

“Tujuan dari game ini memberi pengetahuan berkendara yang baik dan benar, selain itu cocok untuk semua kalangan dan sebagai latihan untuk mereka yang baru akan membuat SIM,” ucap Godham. “Jadi enggak perlu jauh-jauh mencoba simulator berkendara milik kepolisian, karena sudah bisa coba sendiri di rumah,” sambungnya.

Game ini tidak asal buat lantaran kelahiran Pemalang, 12 Oktober tersebut membutuhkan waktu hingga 2 tahun. Satu setengah tahun untuk riset kondisi lalu lintas (lantas) di Indonesia dan setengah tahun untuk membuat game-nya. Enggak heran di dalam game ini situasinya mirip jalan-jalan di sini. Seperti, ada angkot ngetem, motor naik trotoar dan pelanggaran lantas yang sering terjadi di Indonesia.

Dalam game-nya, Godham membuat 3 level berbeda. Tentu sesuai dengan kondisi yang sering dihadapi sehari-hari. Yakni pergi ke kantor, turing dan berkendara malam hari. Disiapkan juga 2 tokoh pengendara yakni Jodi dan Tiara.

Pilihan motor yang digunakan pun beragam. Mulai dari skutik, sport, naked bike hingga supermoto. Uniknya tidak ada mode cheat dan hanya ada 1 nyawa pada tiap level. Jika mati harus mengulang lagi dari awal,

 “Supaya sadar kalau safety itu sangat penting dan nyawa kita juga cuma satu, jadi harus selalu berhati-hati,” terang Godham.

Godham juga melengkapi game ini dengan notifikasi-notifikasi saat permainan berakhir. Contohnya “Keselamatan adalah segalanya” saat menabrak mobil. Kemudian “Patuhi rambu lantas” saat menerobos traffic light dan “Trotoar untuk pejalan kaki” saat pemain melewati trotoar.

Saat ini game Simulasi Aman Berkendara ciptaan Godham menjadi satu-satunya game safety riding. Godham pun sedang memproses pendaftaran di Google Play supaya bisa diunduh semua kalangan.
“Perkiraan pertengahan April sudah tersedia dan bisa didownload gratis,” terang pria kalem ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini