News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Jurus Aman Beli Tiket Pesawat via Online

Editor: Fajar Anjungroso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi penumpang air asia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Libur hari raya besar, seperti Idul Fitri, Natal atau tahun baru selalu diikuti dengan meningkatnya pembelian tiket pesawat. Hal ini tak mengherankan karena banyak perantau kembali pulang kampung untuk berkumpul bersama keluarga mereka.
 
Namun, momen bahagia seperti ini sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk meraih keuntungan dengan cara yang licik alias jahat. Dengan menawarkan tiket pesawat murah, warga yang putus asa mencari tiket pesawat dengan mudahnya tertipu.
 
Untuk mencegah hal itu, NusaTrip.com, salah satu online travel di Indonesia yang menyediakan tiket pesawat domestik dan internasional serta hotel di Indonesia dan mancanegara ingin berbagi tips.

Harapannya, seluruh tips yang disajikan bisa bermanfaat bagi semua orang yang saat ini sedang mencari tiket pesawat guna mengisi liburan akhir tahun.
 
Anisa Moeshlich, Social Media Manager NusaTrip.com mengatakan, saat ini banyak sekali akun Facebook palsu yang bisa menipu calon pembeli tiket pesawat.
 
"Celakanya, mereka tidak sungkan-sungkan menggunakan logo Nusatrip.com sebagai profile picture. Tak hanya itu, beberapa foto kegiatan offline yang digelar oleh NusaTrip turut dimuat begitu saja ke album si penipu”, ujar Anisa.
 
Untuk menghindari penipuan semacam ini, Hans Ebenhahn, CEO NusaTrip.com memberikan beberapa tips untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga terbaik yang aman. Berikut tips yang disajikannya:
 
1. Belilah tiket pesawat langsung dari agen perjalanan online yang telah diketahui sepak terjangnya. Hal ini dikarenakan, agen perjalanan online akan menyajikan beragam informasi terbaru, seperti jadwal perjalanan serta harga tiket pesawat dari berbagai maskapai. Hal ini biasanya sulit dilakukan oleh penipu dan mereka biasanya hanya sedikit menawarkan beberapa maskapai yang ada.
 
2. Jangan pernah membeli tiket pesawat melalui telepon atau SMS dari pihak yang belum dikenal, terlebih jika nomor telepon yang digunakan adalah nomor telepon biasa. Sebaiknya, hubungi agen perjalanan menggunakan call center sebagai sambungan telepon mereka.
 
3. Agen perjalanan online akan memberikan keleluasaan kepada pelanggannya untuk memilih maskapai penerbangan, memberikan rincian data penumpang dan berbagai metode pembayaran yang Anda sukai. Kesemuanya hanya menghabiskan waktu kurang lebih dua menit. Penipu tidak memiliki teknologi yang dapat berintegrasi dengan sistem maskapai penerbangan, inilah mengapa mereka hanya melayani SMS atau telepon untuk membeli tiket pesawat.
 
4. Ketika menyangkut cara pembayaran, ATM/SMS/Online Banking adalah beberapa metode pembayaran yang disukai di Indonesia. Ada beberapa cara yang dapat dicermati untuk memastikan apakah Anda membayarkan tiket pesawat ke agen perjalanan profesional atau penipu.
 
Pembayaran via online bank: Agen perjalanan online profesional biasanya terintegrasi dengan e-solution di beberapa bank besar. Sebagai contoh, Mandiri Clickpay atau BCA Klikpay. Hal ini membuktikan bahwa agen tersebut memiliki kontrak e-commerce profesional dengan bank.
 
Transfer bank (ATM, SMS, Online): Agen perjalanan online professional menggunakan akun virtual untuk transaksi mereka. Jumlah digit rekening akun virtual berbeda dengan rekening biasa. Jumlah digit nomor rekening virtual biasanya lebih banyak dari rekening bank biasa. Ketika konfirmasi, Anda akan melihat nama agen perjalanan online tersebut dan bukan atas nama individu. Sebagai contoh, Anda akan melihat nama “Nusatrip.com” di layar ATM, konfirmasi SMS atau di halaman online bangking.
 
Penipuan penjualan tiket pesawat memang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Namun, jika Anda waspada dan pintar dalam memilih agen perjalanan baik itu online maupun offline,hal tersebut dapat dicegah. Untuk itu, Anda perlu sedikit meluangkan waktu untuk mencari informasi agen perjalanan yang aman dan terpercaya agar perjalanan serta liburan Anda di akhir tahun ini menjadi lancar dan damai.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini