News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bye Bye Kolesterol

4 Tips Makan Enak Tanpa Khawatir Kolesterol Tinggi

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Konsumsi junk food menjadi salah satu penyebab kolesterol tinggi.

TRIBUNNEWS.COM - Satu cara mudah untuk mendapatkan hidup yang lebih berkualitas ialah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Para peneliti mengungkapkan, dengan menerapkan gaya hidup sehat dapat memperpanjang usia seseorang dan mengurangi risiko penyakit kronis, khususnya adalah penyakit jantung. 

Berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan tahun 2018,  menunjukkan prevalensi penyakit jantung berdasarkan diagnosis dokter di Indonesia sebesar 1,5 persen dari total penduduk.

Selain itu, masyarakat kota juga cenderung lebih banyak terserang penyakit jantung dengan prevalensi 1,6 persen dibandingkan penduduk pedesaan yang hanya 1,3 persen.

Masyarakat kota lebih mudah mengakses junk food, yang menjadi salah satu penyebab meningkatnya kadar kolesterol jahat. Tidak hanya pola makan yang tidak teratur, aktivitas fisik yang kurang, kondisi stres, serta kebiasaan merokok dan minum alkohol dapat memperburuk gejala kolesterol tinggi dan berujung pada penyakit kardiovaskular.

Sayangnya, 1 dari 3 orang Indonesia menderita kolesterol tinggi tetapi tidak menyadarinya. Padahal gejala ini bisa dikendalikan sedini mungkin.

Di Hari Jantung Sedunia (World Heart Day) yang jatuh pada 29 September ini, saatnya kita mulai peduli dengan kesehatan jantung. Salah satunya dengan tetap mengontrol kolesterol dalam tubuh, dengan menjaga pola makan sehari-hari.

Tapi, bukan berarti Anda tidak bisa makan makanan enak ya! Coba deh simak 4 tips cara menurunkan kolesterol ini, dengan memperhatikan pola makan.

Perhatikan porsi makan

Pastikan tahu batasan kalori harian yang dibutuhkan tubuh Anda. Dengan mengontrol porsi makan setiap harinya, tubuh Anda bisa memperoleh asupan nutrisi dan kalori yang tidak berlebihan.

Dilansir dari Klikdokter, pada umumnya wanita yang berusia 19-30 tahun dengan aktivitas ringan membutuhkan 2000 kalori per hari. Sedangkan pria yang berusia 19-30 tahun dengan aktivitas ringan membutuhkan 2400 kalori per hari.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur

American Heart Association menyarankan, langkah pertama yang mudah dilakukan untuk menerapkan pola makan sehat adalah dengan menyertakan buah dan sayuran di setiap jam makan.

Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, rendah kalori, serta kaya antioksidan dan serat pangan yang membantu Anda kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi.

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, selada juga brokoli, tomat, dan wortel bisa menjadi pilihan. Sedangkan, untuk buah-buahan Anda bisa memilih buah alpukat, apel, nanas, kiwi serta aneka buah beri seperti raspberry dan blackcurrant.

Batasi lemak tidak sehat

Sumber asupan lemak baik.

Melansir dari situs mayoclinic.org membatasi jumlah lemak jenuh dan lemak trans yang dikonsumsi merupakan langkah penting untuk mengurangi kadar kolesterol jahat.

Kadar kolesterol LDL yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan penumpukan plak pada arteri yang disebut aterosklerosis, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

British Heart Foundation menyarankan untuk menggantinya dengan asupan yang memiliki lemak tak jenuh tunggal (misalnya minyak zaitun, almond, kacang mete tanpa garam, dan alpukat) atau lemak tak jenuh ganda (termasuk minyak bunga matahari dan minyak sayur, kenari, biji bunga matahari dan ikan berlemak).

Batasi konsumsi makanan olahan (processed food)

Siapa bilang Anda tidak bisa lagi mengonsumsi cokelat, keripik singkong, dessert ataupun minuman manis kesukaan Anda? Tenang saja, Anda tetap bisa mengonsumsi ‘makanan enak’ tersebut, tapi batasi jumlah yang dikonsumsi. Anggap saja sebagai ‘cheating day’ atau memanjakan diri sesekali.

Selalu ingat untuk membatasi asupan makanan ini, karena biasanya makanan olahan tinggi gula tambahan, garam, lemak jenuh dan lemak trans sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

Ada cara enak turunkan kolesterol, yaitu dengan Nutrive  Benecol yang merupakan smoothies rasa buah dengan kandungan PSE (Plant Stanol Ester) yang teruji klinis dapat menurunkan kadar kolesterol dari makanan yang habis Anda makan.

Nutrive Benecol hadir dengan rasa enak di antaranya Blackcurrant, Lychee, Strawberry, dan Orange. Konsumsi 2x sehari langsung setelah makan untuk jaga kolesterol Anda. Tidak hanya untuk menurunkan, Nutrive Benecol juga tepat bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol normal namun ingin melakukan pencegahan.

Selain itu, dalam rangka hari jantung sedunia, Nutrive Benecol bekerja sama dengan Klikdokter mengadakan Free Live Chat seputar kolesterol dengan topik "Cara Enak agar Jantung Sehat" bersama dr. M. Dejandra Rasnaya dan dr. Valda Garcia pada Senin - Jumat, mulai 25 September s.d 30 Oktober 2020 pukul 14.00 - 17.00 WIB di Klikdokter.com.

Live chat Nutrive Benecol bersama Klik Dokter ini menjadi kesempatan Anda untuk konsultasi seputar kolesterol dan kesehatan jantung dari ahlinya.

Jadi, jangan lupa ikutan ya!

Penulis: Nurfina Fitri Melina/Editor: Dana Delani

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini