News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Keluarga Berencana

Lebih Aman Vasektomi Tapi Pria Manado Malah Pakai Kondom

Editor: Agung Budi Santoso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kondom

TRIBUNNEWS.COM, MANADO
Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Manado menyatakan, laki-laki di Manado lebih suka menggunakan kontrasepsi jenis kondom.

"Berdasarkan data yang ada pada kami, sebanyak 1.083 pria menggunakan kondom, sedangkan yang ikut vasektomi baru sekitar 60 orang, untuk tahun ini" kata Kepala BKBPP Manado Micler Lakat, di Manado, Rabu.

Lakat mengatakan, pria lebih suka menggunakan kondom  karena masih kurangnya pemahaman terhadap fungsi vasektomi, padahal kontrasepsi jenis ini lebih banyak keuntungannya.

"Kedua jenis kontrasepsi ini semuanya sama, karena sama-sama berfungsi sebagai pencegahan kehamilan," kata Lakat.

Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKBPP Manado Grace Pontoh mengatakan, pihaknya tetap mengkampanyekan vasektomi, agar dipahami dan banyak yang mau ikut.

Ia menjelaskan kalau kondom hanya bersifat sementara, sedangkan vasektomi itu bisa jadi permanen, karena memerlukan proses panjang untuk membuka saluran yang sudah diikat tersebut.

"Vasektomi itu KB untuk jangka panjang, sedangkan kondom hanya sementara dan rawan salah, karena kalau lalai bisa menyebabkan kehamilan," kata Pontoh.

Karena itu ia mengatakan, BKBPP Manado menggencarkan vasektomi, terutama bagi pasangan usia subur yang sudah tak menginginkan lagi punya anak atau sudah kelebihan, sehingga lebih baik.

Pontoh juga mengatakan keuntungannya bagi yang ikut vasektomi adalah dapat insentif dan jika mengajak orang lain, juga karena itu disosialisasikan kepada seluruh masyarakat mengenai fungsi dan keuntungannya.

Baca Artikel Menarik Lainnya

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini