News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sulit Menelan? Awas Kanker Tiroid

Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Suharno

TRIBUNNEWS.COM,  SEMARANG - Rumah Sakit (RS) Tlogorejo Semarang Medical Center (SMC) menggelar seminar tentang kanker tiroid (kelenjar gondok), Selasa (16/7/2013). Seminar yang digelar gratis itu diikuti oleh puluhan peserta.

Walau risiko kematian dari kanker tiroid sangat kecil, akan tetapi penyakit yang menyerang tenggorokan itu merupakan penyakit peringkat ketiga yang dialami oleh banyak laki-laki. Hal itu diungkapkan oleh dokter RS Tlogorejo SMC, Yan Wisnu Prajoko.

"Penyakit peringkat pertama yang dialami oleh laki-laki yaitu penyakit paru-paru, prostad dan ketiga tiroid," ujar Yan kepada Tribun Jateng, Selasa (16/7/2013).

Selain kerap dialami oleh kaum pria, penyakit tiroid sering dialami oleh orang berusia di bawah 20 tahun atau di atas 50 tahun. Riwayat keluarga dan riwayat radioaktif di kepala juga bisa menyebabkan tiroid.pes, diharapkan mampu menghapus paradigma buruk yang selama ini melekat pada tahanan Lapas.

Gejala atau tanda penyakit tiroid yakni benjolan di leher bawah bagian bawah, yang bahkan sudah ada puluhan tahun, lalu benjolan itu ikut bergerak jika menelan, dan membesar dengan cepat. Selain itu juga ada gejala suara serak, serta kesulitan menelan.

Jika ditemukan gejala itu, Yan mengatakan untuk segera melakukan pemeriksaan fisik ke dokter. "Bisa juga scan, atau laboratorium untuk memeriksa fungsi organ," jelasnya.

Jenis tiroid ada dua yakni jinak dan ganas. "Kalau ganas bisa merusak jaringan atau organ sekitarnya dan bisa menyebar," ungkap Yan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini