News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Benar Gak Kalau Sedang Haid Sebaiknya Tidak Cabut Gigi, Ini Kata Ahlinya

Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Seorang koas memeriksa gigi salah seorang pasien dalam acara Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2015 yang diselenggarakan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Unilever di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) FKG Unpad, Jalan Sekeloa Selatan, Kota Bandung, Senin (2/11/2015). Kegiatan yang mengusung tema Gigi Sehat, Badan Kuat, Penyakit Minggat itu berlangsung selama tiga hari (2-4 November 2015), dengan memberikan edukasi dan pelayanan kesehatan gigi gratis kepada 900 masyarakat Kota Bandung dengan menyediakan fasilitas dental unit sebanyak 115 buah dan melibatkan 314 tenaga kesehatan gigi. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN

TRIBUNNEWS.COM - Kita tentu sering mendengar anggapan bahwa kita dilarang untuk mencabut gigi ketika dalam masa menstruasi.

Anggapan tersebut membuat kita ragu dan membatalkan kunjungan ke dokter gigi saat sedang haid, padahal masalah pada gigi bisa semakin parah.

Menurut drg. Eri Wishwa Dewi, Sp.KG, spesialis konservasi gigi dari Jogjakarta International Hospital, pada dasarnya sebelum melakukan pencabutan gigi, dokter gigi melakukan pemeriksaan menyeluruh apakah pasien dalam kondisi memungkinkan untuk dilakukan pencabutan.

Baca: Ayo yang Perutnya Buncit, Cara Ini Bisa Dicoba! Lemaknya Luntur Setelah Minum Air Rebusan Terong

Pemeriksaan yang dilakukan sebelum melakukan pencabutan meliputi dua jenis, yaitu pemeriksaan subyektif dan pemeriksaan obyektif.

Pemeriksaan subyektif meliputi apakah pasien sudah makan, apakah pasien merasa lemas, dan sebagainya.

Riwayat medik pasien juga akan diperiksa pada tahap ini.

Sedangkan pemeriksaan obyektif adalah pemeriksaan terkait tensi darah, suhu badan, gula darah, dan lainnya yang ditentukan melalui pengujian dan observasi oleh klinisi.

Bila kita sedang dalam kondisi haid dan memerlukan penanganan pencabutan, tentu perlu mempertimbangkan beberapa hal.

Sebab selama haid, akan ada perubahan hormon yang bisa mempengaruhi peningkatan kadar estrogen dan progesteron.

Kedua hormon yang sedang meningkat tersebut akan membuat gusi mengalami peradangan.

Hormon yang sedang meningkat tersebut juga akan mempengaruhi respons tubuh perempuan terhadap racun yang berasal dari plak gigi.

Itu sebabnya bila kita berniat mencabut gigi yang bermasalah, persiapkan kondisi fisik dengan prima.

Misalnya, tidur cukup, konsumsi makanan sehat, sudah membersihkan rongga mulut dengan bersih, tidak sedang sakit, dan tentu saja tidak dalam keadaan haid.

Jadi, tak perlu lagi ragu, bukan?

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter gigi kepercayaan kita, apakah kondisi kita siap untuk melakukan prosedur cabut gigi atau tidak. (Nova.Id/Dionysia Mayang)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini