News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Penggunaan Wadah Berbahan Stainless Steel Lebih Aman Dibandingkan Plastik

Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Thermos meluncurkan rangkaian produk Thermos Disney Series yaitu Disney Straw Bottle, Disney Food Jar dan Infant Straw Mug di Jakarta, Kamis (22/2/2018)

TRIBUNNNEWS.COM, JAKARTA - Menggunakan wadah vakum insulasi stainless steel untuk menyimpan air ataupun makanan merupakan pilihan yang tepat agar terhindar dari zat kimia berbahaya.

Apalagi saat ini banyak beredar wadah plastik untuk menyimpan minuman dan juga makanan, plastik terdiri atas berbagai bahan kimia (monomer) yang dalam kondisi tertentu, kontak antara plastik dan makanan bisa menyebabkan migrasi (perpindahan) bahan-bahan kimia dari wadah ke makanan.

Migrasi tersebut terjadi akibat pengaruh suhu panas makanan, penyimpanan, atau proses pengolahannya karena makin tinggi suhu maka semakin tinggi kemungkinan terjadi migrasi.

Lamanya waktu penyimpanan makanan juga berpengaruh terhadap perpindahan materi berbahan kimia ini. Hal tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan terutama bagi perkembangan anak-anak.

Irma Gustiana Andriani, Pakar Psikologi Anak mengatakan para Ibu harus pintar memilih produk wadah vakum yang aman, produk yang mengandung zat kimia berbahaya secara tidak langsung akan dapat berdampak buruk terhadap kesehatan dan kondisi psikologis anak.

"Residu atau racun yang terkandung dalam material berbahaya dapat mengganggu tumbuh kembang anak, salah satu gejala yang muncul biasanya anak-anak jadi susah fokus atau hilang konsentrasi,” katanya saat peluncuran rangkaian produk dari Thermos Disney Series di Jakarta belum lama ini.

Penggunaan materi stainless steel tidak mengandung zat kimia berbahaya seperti BPA yang terkandung didalam plastik dianjurkan.

"Stainless steel adalah materi yang ramah lingkungan tidak seperti plastik yang membutuhkan ratusan tahun untuk diurai, stainless steel yang didesain dengan baik tidak memberikan tempat untuk jamur dan bakteri bersarang," kata Andriani Melissa, Marketing Manager PT Thermos Indonesia.

Hirokazu Otomo, President Director PT Thermos Indonesia Trading mengatakan Thermos mengembangkan produk wadah vakum yang inovatif dengan teknologi isolasi termutakhir yang disesuaikan dengan berbagai gaya hidup.  

"Rangkaian Thermos Disney Series ini di hadirkan khusus untuk para orang tua yang ingin memberikan produk terbaik dan aman bagi anak-anaknya,' katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini