News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sakit Kepala Terus-Menerus, Jangan Bergantung dengan Menyantap Makanan Pedas

Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Makanan Pedas

TRIBUNNEWS.COM - Ada yang meyakini makanan pedas bisa bantu hilangkan sakit kepala. 

Faktanya, makanan yang pedasnya berasal dari cabai mengandung senyawa kapsaisin, yakni suatu zat pada cabai yang menimbulkan rasa/sensasi pedas.

Sebuah bukti ilmiah menunjukkan, zat kapsaisin ini ternyata bisa membuat tubuh menjadi tidak sensitif terhadap nyeri dan menekan rasa sakit.

Fakta ini yang mendasari sebuah penelitian, kenapa makanan pedas sering dianjurkan untuk mengatasi sakit kepala.

Baca: Yang Harus Diwaspadai Bagi Penderita Diabetes Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Dikutip harumsismamedika.com dari aan.com, Penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Neurology menyebutkan, penggunaan semprotan kapsaisin hidung (nasal spray) dapat mengurangi sakit kepala seperti migrain dan sakit kepala klaster dengan cepat.

Selain itu, bila sakit kepala disebabkan karena sinusitis (radang pada hidung), makanan pedas dapat membantu mengencerkan lendir dan mengurangi sumbatan sehingga hasilnya sakit kepala pun berkurang.

Baca: Kelelahan Berkepanjangan Picu Penyakit Jantung dan Stroke

Makanan pedas diklaim mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Namun, belum jelas bagaimana hal ini dapat terjadi.

Diperkirakan karena makanan pedas dapat membuat tubuh memberi respons yang sama seperti ketika terjadi infeksi, radang, atau luka.

Di mana tubuh mengeluarkan senyawa kimia sebagai senjata untuk melawan infeksi atau peradangan.

Baca: Mengetahui Gejala Penyakit Jantung Sejak Dini

Hal ini yang membuat daya tahan tubuh meningkat setelah makan makanan pedas, karena tubuh menganggapnya sebagai rasa nyeri yang harus dihilangkan.

Setelah mengetahui fakta penelitian di atas, tidak berarti kita harus mengonsumsi makanan pedas setiap kali sakit kepala datang.

Nyatanya, tidak selamanya sakit kepala dapat diatasi dengan makan-makanan, apalagi makan pedas dalam jumlah banyak juga tidak baik bagi pencernaan.

Untuk itu, bila sakit kepala menyerang terus-menerus dan sangat mengganggu, jangan sekali-kali bergantung pada makanan pedas segeralah periksa diri ke dokter agar tidak menjadi parah. 

Berita ini sebelumnya sudah dimuat di Gridhealth.Id dengan judul Studi : Makanan Pedas Bisa Hilangkan Sakit Kepala, Ini Penjelasannya

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini