News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemberdayaan Komunitas Dorong Target Pemerintah 70 Persen Masyarakat Aktif Berolahraga

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi olahraga berlari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 Tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

DBON merupakan Rencana Induk yang berisikan Arah Kebijakan Pembinaan dan Pengembangan Keolahragaan Nasional.

Dalam Desain Besar Olahraga Nasional ini, bertujuan untuk dapat meningkatkan budaya olahraga di masyarakat.

Selain itu, DBON berfungsi sebagai pedoman bagi Pemerintah Pusat maupun Daerah, Induk Organisasi Olahraga, Dunia Usaha, Akademisi, Media dan Masyarakat dalam penyelenggaraan keolahragaan nasional.

Sehingga pembangunan keolahragaan dapat berjalan dengan baik dan benar.

Komunitas olahraga juga berperan dalam mendorong masyarakat untuk berolahraga.

Business and Marketing Director Prodia, Indriyanti Rafi Sukmawati, mengatakan pihaknya berupaya membantu pemerintah dengan pemberdayaan komunitas lewat program Prodia Healthy & Fun with Community.

"Komitmen sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk meningkatkan tren positif dengan menyediakan edukasi kesehatan dan sarana produktivitas," ujar Indriyanti melalui keterangan tertulis, Selasa (30/7/2024).

Langkah ini menjadi sarana bagi komunitas lokal yang sudah memiliki program rutin untuk terus memelihara gaya hidup sehat dan membangun hubungan yang positif.

Komunitas memiliki dampak yang besar untuk menciptakan budaya preventif yang berkelanjutan.
Inisiasi dalam skala nasional ini juga mendukung visi pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Bugar.

Program ini dengan target 70 persen masyarakat aktif berolahraga sebanyak 3 kali seminggu dengan durasi minimal 60 menit pada tahun 2045.

"Kegiatan ini dirancang bukan hanya sebagai wadah yang memfasilitasi kegiatan olahraga, tetapi juga manifestasi jangka panjang kami untuk terus mengiringi perjalanan kesehatan hingga generasi selanjutnya," kata Marketing Communication Manager Prodia, Reskia Dwi Lestari.

Pemerintah memberikan perhatian besar pada pemberdayaan sumber daya manusia dalam aspek peningkatan kualitas hidup melalui olahraga sebagaimana tercantum dalam Desain Besar Olahraga Nasional.

Baca juga: Usai Berolahraga Malah Loyo? Ini Tips untuk Menghindarinya

Terlebih dari data Sport Development Index yang dikeluarkan Kemenpora menunjukkan jika tingkat partisipasi olahraga dapat dipacu dengan semakin banyak fasilitas program-program pengembangan. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini