News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Trik Agar Anak Jaga Kesehatan Gigi, Biasakan si Kecil 'Curhat' ke Dokter Gigi

Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pemeriksaan kesehatan gigi pada anak-anak.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mengajarkan anak-anak mereka tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi sedari dini tidaklah mudah tapi bisa disiasati.

Bunda bisa membiasakan si kecil mendapatkan edukasi langsung dari ahlinya.

Baca juga: Punya Masalah Gigi? Ini Beda Tukang Gigi dan Dokter Gigi Sebelum Ambil Keputusan untuk Perawatan

Ya, membawa anak ke klinik gigi sedini mungkin sebelum si kecil merasakan sakit gigi bisa jadi salah satu cara agar anak-anak peduli pada kesehatan giginya.


Mengapa penting ke dokter gigi sebelum si anak sakit gigi?

"Biasanya si anak sudah sakit gigi biasanya anak itu ogah buka mulutnya," ujar CMO Satu Dental Yessica Anggraini di sela acara Satu Dentour di kawasan Cibis Park, Jakarta, pekan lalu.

Namun memang ada tantangan tersendiri saat mengenalkan anak ke klinik gigi. Biasanya anak akan ketakutan dengan kata dokter.

Baca juga: Tak Larang Konsumsi Makanan Manis, Begini Cara Penyanyi Raisa Jaga Kesehatan Gigi Buah Hatinya

Nah, agar anak tidak takut dengan dokter gigi di klinik gigi, bunda bisa mengenalkan anak-anak mereka dengan dokter gigi melalui bacaan buku atau video youtube.


"Jadi, ketika si anak dibawa ke klinik dan diminta buka mulut untuk periksa gigi mereka, anak tidak takut karena sudah terbiasa dengan bacaan atau tontonan di youtube," kata Yessica .


Jika sudah terbiasa curhat ke dokter gigi, maka anak-anak akan teredukasi dan dilatih sedari dini untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Kebiasan baik ini bisa dimulai dengan menyikat gigi sehari dua kali dan berkumur setelah mengonsumsi makanan-makanan manis.


"Juga, sedini mungkin diajarkan untuk flossing yakni membersihkan gigi memakai benang gigi atau alat flossing lain untuk menghilangkan plak, sisa makanan, dan bakteri yang sulit dijangkau sikat gigi," terang Yessica.


Sebagai bagian edukasi kepada bunda mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut anak sedari dini, Satu Dental menggelar Satu Dentour.


Kegiatan ini memiliki target untuk meningkatkan kesadaran kaum ibu agar anaknya tidak takut datang ke dokter gigi.

Chief of Dentist Officer Satu Dental drg Ivan Hadiutomo menambahkan Satu Dentour merupakan layanan curhat gigi dan periksa kondisi gigi keliling gratis pertama di Indonesia untuk menjangkau masyarakat lebih dekat dimanapun dan kapanpun.

 

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini