News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

KASN Tetapkan MPR RI Di Posisi Runner Up dari 17 Lembaga Penerapan Sistem Merit Pengisian JPT 2023

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah

TRIBUNNEWS.COM - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) memberikan penghargaan kepada MPR RI untuk Penerapan Sistem Merit Dalam Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Tahun 2023 dengan predikat BAIK dan berhasil menyabet nilai 90,75. Keberhasilan ini sekaligus menetapkan MPR berada di posisi runner up tertinggi dari 17 lembaga negara lainnya.

Penghargaan berbentuk piagam diberikan langsung oleh Komisioner Pengawasan Jabatan Pimpinan Tinggi KASN, Rudiarto Sumarwono kepada Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal MPR RI Siti Fauziah, di Ruang Rapat Sesjen MPR RI, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (13/8/2024).

Turut hadir menyaksikan, beberapa pejabat teras Setjen MPR antara lain, Inspektur Maifrizal, Deputi Bidang Pengkajian dan Pemasyarakatan Konstitusi Hentoro Cahyono dan Kepala Biro SDM, Organisasi dan Hukum Dyastasita,

Dalam kesempatan itu, Rudiarto mewakili KASN mengucapkan selamat kepada MPR RI yang berhasil meraih posisi kedua tertinggi dari 17 lembaga negara lainnya. “Poinnya tipis sekali, kurang 0,25 untuk mencapai predikat tertinggi. Saya yakin MPR ke depan akan bisa meraih predikat Sangat Baik,” ujarnya.

Dikatakan Rudiarto, pemberian anugerah tersebut menjadi salah satu upaya KASN dalam mengawasi pelaksanaan sistem merit demi terwujudnya reformasi birokrasi. Pengisian JPT secara terbuka dan kompetitif sendiri merupakan bagian dari implementasi sistem merit pada aspek promosi dan mutasi.

Baca juga: Bamsoet Dorong Peningkatan Digital Motorsport di Indonesia

“Ada beberapa aspek penilaian mencakup lima detil dimensi dalam pengisian JPT, yakni Perencanaan, Pelaksanaan Pengisian, Pelaporan Pengisian, Inovasi Manajemen Pengisian dan Pelanggaran Pengisian JPT,” jelasnya.

Usai acara, Siti Fauziah yang biasa disapa Ibu Titi mengungkapkan kegembiraannya, MPR berhasil meraih penghargaan luarbiasa dari KASN dengan predikat baik. “Angkanya tipis sekali hanya terpaut 0,25 untuk mencapai predikat sangat baik. Tentu ini akan menjadi dorongan semangat untuk MPR agar ke depan mampu meraih predikat itu,” katanya.

Diungkapkan Ibu Titi, memang pada tahun 2023, Setjen MPR melakukan Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Tinggi Madya eselon I.b Deputi Bidang Administrasi dan Deputi Bidang Pengkajian dan Pemasyarakatan Konstitusi.

“Ternyata semua itu mendapatkan perhatian dan dinilai oleh KASN. Pada intinya, kita tidak mengetahui tentang penilaian tersebut. Kami jalankan saja kegiatan tersebut dengan baik dan mematuhi segala aturan yang berlaku. Dan Alhamdulillah, ternyata semua itu dipandang bagus oleh KASN dan diberikan predikat Baik dengan nilai 90,75 dan menempati posisi kedua tertinggi diantara lembaga negara lainnya,” terangnya.

Di akhir sesi, Ibu Titi berpesan kepada para pegawai di lingkungan Setjen MPR bahwa penghargaan tersebut bisa dijadikan penambah semangat untuk maju. Apalagi, sistem pemerintahan sekarang ini terutama sistem pengisian jabatan sudah melalui sistem Merit, dimana kompetensi dari diri masing-masing pegawai itu akan dinilai dan penilaian itu benar-benar secara spesifik serta teliti.

“Jadi, saya mengajak seluruh pegawai tingkatkanlah kompetensi diri kalian. Jangan malas dan tidak peduli dengan kegiatan-kegiatan peningkatan kompetensi diri seperti diklat atau lainnya. Intinya, jika tidak mau meningkatkan kompetensi diri, maka akan sangat sulit mencapai naik level menduduki jabatan-jabatan yang semestinya bisa dijangkau,” tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini