News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ketua MPR RI Bamsoet Beri Apresiasi pada Peluncuran Buku Green Democracy Sultan Bachtiar Najamudin

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua MPR RI ke-16 Bambang Soesatyo (Bamsoet) saat menghadiri peluncuran buku 'Green Democracy' di Jakarta, Jumat malam (27/9/2024).

TRIBUNNEWS.COM - Ketua MPR RI ke-16 Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi diluncurkannya buku 'Green Democracy' karya Wakil Ketua DPD RI Sultan Bachtiar Najamudin. Buku 'Green Democracy' menjadi refleksi dan bahan evaluasi atas performa demokrasi serta kebijakan pembangunan berkelanjutan. 

"Green democracy yang disampaikan dalam buku ini adalah demokrasi yang relevan dengan keIndonesiaan. Demokrasi bangsa yang sarat dengan nilai-nilai Pancasila dan budaya musyawarah dan gotong royong. Demokrasi yang jelas bertujuan pada peningkatan kualitas hidup dan kehidupan bangsa Indonesia," ujar Bamsoet usai menghadiri peluncuran buku 'Green Democracy' di Jakarta, Jumat malam (27/9/2024).

Hadir antara lain Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, Mendagri Tito Karnavian, Ketua Komisi Yudisial Amzulian Rifai, Anggota DPD RI Jimly Asshiddiqie dan Yorrys Raweyai, Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Hakim Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Yusril Ihza Mahendra serta Waketum Partai Gelora Fahri Hamzah. 

Ketua DPR RI ke-20 dan Ketua Komisi III DPR RI ke-7 bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini memaparkan, demokrasi merupakan salah satu pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Lebih dari sekedar sebuah sistem, demokrasi mencerminkan komitmen terhadap keadilan, keterwakilan dan partisipasi aktif masyarakat. 

Baca juga: Bamsoet Beri Apresiasi UNPERBA yang Berhasil Luluskan 110 Sarjana di Tahun Akademik 2023-2024

Pada perjalanannya, demokrasi memiliki sejumlah tantangan yang dihadapi. Seperti kurangnya akses terhadap partisipasi politik, pengaruh politik uang, serta penyebaran disinformasi yang dipadukan dengan kondisi tingkat literasi masyarakat yang rendah. Sehingga, menjadikan demokrasi hanya sebagai stempel untuk melegitimasi kekuasaan. 

"Karena itu, perlu perhatian serius dari semua pihak untuk menanggulangi tantangan tersebut agar dapat memastikan sistem demokrasi kita berfungsi dengan baik dan memenuhi kebutuhan seluruh lapisan masyarakat. Diperlukan sebuah komitmen bersama untuk memperkuat sistem demokrasi melalui penguatan checks and balances antara eksekutif, legislatif, dan yudikatif, serta peningkatan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat," kata Bamsoet. 

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Wakil Ketua Umum FKPPI ini menjelaskan, dalam konteks kehidupan global yang terus berkembang, tidak dapat diabaikan adanya urgensi untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip ekologi dan keberlanjutan dalam sebuah konsep demokrasi. 

Konsep green democracy muncul dengan menekankan pentingnya menciptakan keseimbangan antara demokrasi yang inklusif dan keberlanjutan lingkungan. Konsep ini mengajak untuk berpikir holistik tentang bagaimana sistem politik dapat mewakili masyarakat secara menyeluruh. Bukan hanya mewakili kepentingan segelintir orang atau kelompok, serta merespon tantangan ekologis.

"Sebagai bangsa yang bertujuan mencapai kemakmuran merata dan berkelanjutan, buku ini mengajak kita untuk mengadopsi pendekatan yang mengintegrasikan dimensi sosial dan ekologis dalam sistem demokrasi yang selaras dengan cita-cita bangsa. Dengan prinsip-prinsip green democracy, kita memiliki panduan untuk mewujudkan demokrasi yang lebih adil, inklusif dan berkelanjutan bagi seluruh rakyat Indonesia," pungkas Bamsoet. 

Baca juga: Beri Kuliah di Unhan, Ketua MPR RI Bamsoet Ingatkan Pentingnya Keamanan Kawasan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini