News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Komitmen Jaga Wibawa Konstitusi, Hidayat Nur Wahid Terima Penghargaan Legislator Negarawan

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Lembaga kajian kebijakan publik Center for Indonesian Reform (CIR) memberikan penghargaan “Legislator Negarawan kepada Wakil Ketua MPR RI, Dr. Hidayat Nur Wahid MA.

TRIBUNNEWS.COM - Lembaga kajian kebijakan publik Center for Indonesian Reform (CIR) memberikan penghargaan “Legislator Negarawan" kepada Wakil Ketua MPR RI, Dr. Hidayat Nur Wahid MA atas kiprahnya sebagai anggota parlemen. Hidayat dinilai komitmen menjaga spirit konstitusi UUD NRI Tahun 1945 dan kepentingan bangsa sepanjang melaksanakan tugas. 

Direktur CIR, Hidayaturrahman menyebut, pemberian penghargaan ini sebagai wujud apresiasi atas dedikasi dan kesungguhan Hidayat Nur Wahid dalam menjaga wibawa konstitusi agar tetap adil dan sejalan dengan cita-cita para pendiri bangsa. 

Selain itu pemberian penghargaan ini juga sebagai upaya mendorong kinerja anggota DPR/MPR/DPD RI lainnya agar dalam melaksanakan tugas lebih peduli dengan aspirasi masyarakat yang diwakili. Dengan demikian, parlemen benar-benar menjadi lembaga perwakilan rakyat yang sebenar-benarnya. 

Menurut Hidayaturahman, Hidayat Nur Wahid memiliki wawasan kebangsaan yang luas dan lengkap, serta mempraktikkannya dengan konsisten, sehingga mampu menyikapi berbagai tantangan  kehidupan berbangsa dan bernegara secara bijaksana.

"Publik menyaksikan sosok Hidayat Nur Wahid sangat tegas menolak upaya pihak tertentu yang ingin mengubah Pancasila menjadi Trisila atau Ekasila saat pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Isu ini sangat ramai dibincangkan publik dan cukup merisaukan. Dalam situasi seperti itu Dr. Hidayat Nur Wahid mampu memaksimalkan perannya dengan baik. Ia aktif memberikan pandangan penolakan itu berdasarkan argumentasi yang logis dan dapat diterima oleh semua pihak. Sehingga wacana perubahan Pancasila dapat dibatalkan tanpa ada gejolak yang berarti," jelas Hidayaturahman, di Jakarta. 

Baca juga: HNW Ingatkan Pemerintahan Mendatang untuk Tetap Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

Ia menambahkan, Hidayat Nur Wahid juga dikenal sebagai salah satu tokoh yang paling gigih menolak upaya perpanjangan masa jabatan Presiden menjadi tiga periode. Beliau aktif menggalang kesadaran publik melalui media massa maupun media sosial miliknya tentang bahayanya perpanjangan masa jabatan Presiden karena melanggar konstitusi yang sudah diamandemen di era reformasi.

"Ia berpendapat, perpanjangan masa jabatan Presiden bertentangan dengan semangat reformasi, menghambat regenerasi kepemimpinan dan berpotensi mengembangkan dinasti kekuasaan hanya pada segelintir kelompok," terang Hidayaturahman. 

"Atas pertimbangan tersebut maka tepat rasanya bila Hidayat Nur Wahid kami berikan penghargaan sebagai tokoh Legislator Negarawan. Semoga penghargaan ini dapat menjadi inspirasi bagi tokoh lain untuk berbuat dan bersikap sebagaimana yang sudah dicontohkan oleh para Pendiri Bangsa," tegas Hidayaturahman.

Baca juga: HNW Apresiasi Resolusi Majelis Umum PBB Agar Israel Segera Mengakhiri Pendudukan di Palestina

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini