News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Teknologi

Tingkatkan Kualitas SDM Melalui Penguatan Jaringan Internet

Penulis: FX Ismanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fx Ismanto

TRIBUNNEWS.COM, BALANGAN - Salah satu visi misi utama Pemkab Balangan di bawah kepemimpinan Bupati Ansharuddin dan Wabup Syaifullah yaitu, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui berbagai bidang, salah satunya yaitu teknologi informasi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Balangan Gunawan mengatakan, di tahun 2017 ini pihaknya mengupayakan dibangunnya tower Base Tranceiver Station (BTS) bagi daerah yang blank spot.
Dikatakannya, kondisi cukup banyaknya wilayah yang blank spot di Kalimantan Selatan termasuk Kabupaten Balangan ini, juga diakui oleh Diskominfo Provinsi Kalsel.

"Kita juga sudah menyampaikan ke provinsi terkait hal masih adanya daerah yang blank spot, terutama daerah Tebing Tinggi dan Halong. Oleh karena itu melalui rapat tersebut nantinya pihak provinsi melalui Kominfo Kalsel akan menyampaikan ke Kementerian Kominfo, agar daerah yang blank spot dibangunkan tower BTS, " jelas Gunawan.
"Dan lanjutnya, kita mengharapkan bisa dimasukkan dalam program Universal Service Obligation (USO) atau Kewajiban Pelayanan Universal (KPU) dari Kementerian Kominfo, semoga di tahun ini dapat program tersebut," harapnya.

Disebutkannya program tersebut menyediakan layanan akses seluler di daerah yang belum tersentuh telekomunikasi dan informatika.Lebih lanjut, menurutnya saat ini untuk membantu koneksi internet di daerah yang blank spot, Kominfo Balangan memiliki program menara wifi. Pemkab melalui Kominfo menyediakan koneksi internet dengan cara menghubungkan jaringan dari menara Kominfo ke menara yang ada di kecamatan.

"Tahun lalu Tebing Tinggi dan Awayan, memang terbatas hanya di lokasi pemerintahan kecamatan, tapi setidaknya membantu kelancaran jalannya pelayanan dari pemerintah ke masyarakat," ujarnya, dan sementara untuk tahun ini yang akan mendapatkan program menyewa wifi adalah Juai dan Halong, tambahnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini