News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Beauty Treatment

Coba-coba Kosmetik Jangan di Kulit Wajah, Cukup dengan Cara Ini

Editor: Agung Budi Santoso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Petugas Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menunjukkan kosmetika berbahaya hasil penemuan pada bulan Maret 2013, di kantor BPOM Jakarta Pusat, Senin (13/5/2013). Badan POM menemukan 17 jenis atau merek kosmetika mengandung bahan berbahaya bagi kulit manusia seperti merkuri atau raksa, hidrokinon, asam retinoat, serta resorsinol yang sebagian besar terdapat pada bahan pemutih kulit. TRIBUNNEWS/HERUDIN

TRIBUNNEWS.COM - Seringkali kita ingin mengganti kosmetik dengan berbagai alasan. Salah satu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Namun setiap orang punya kecocokan tersendiri dengan kosmetik tersebut.

Walaupun produk tersebut sudah teruji secara klinis. Untuk menghindari hal-hal buruk pada wajah seperti iritasi, kemerahan, flek, gatal, panas, dan lainnya, sebaiknya jangan langsung mencoba di bagian wajah.

Untuk mengetahui apakah kosmetik yang akan digunakan cocok untuk wajah, sebaiknya dicoba dulu diluar bagian wajah. Namun kondisinya mirip dengan wajah. Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin Susie Rendra, kondisi kulit di belakang telinga, dan di bagian lipatan siku, bisa dijadikan tempat yang cocok untuk mencoba kosmetik untuk wajah.

Jika dibagian tersebut, tidak ada keluhan, hampir dipastikan juga cocok untuk di wajah. Ia menjelaskan, produk perawatan kecantikan baik untuk wajah atau kulit secara umum, akan mencegah timbulnya penuaan dini.

"Perawatan dari dalam dan dari luar bukan menghentikan proses penuaan, tapi memperlambat. Karena kalau menghentikan tidak akan bisa. Sehingga tetap terlihat cantik di usia lanjut dengan kulit yang terlihat lebih muda," tegasnya saat menjadi pembicara tentang "skin aging penatalaksanaan dan pencegahannya" yang diadakan oleh Soho,  di Epiwalk Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (14/3).

Sambil guyon, dr Susie mengatakan, seseorang yang memiliki kulit terawat walaupun berusia lanjut, akan gembar gembor mengaku usia yang sebenarnya. Misalnya berusia 60 tahun. Sebaliknya yang kulitnya tak terawat dan tua, akan menyembunyikan usia yang sebenarnya.

Bagaimana dengan anda?

Penyebab Penuaan Kulit dari Dalam

1.     Penurunan sistem imun pada tubuh

2.     Melemahnya kekuatan otot

3.     Penimbunan lemak semakin banyak

4.     Perubahan sistem metebolisme tubuh

5.     Perubahan elastisitas kulit akibat berkurangnya kolagen dalam jaringan kulit.

Efek Buruk Faktor Luar:

1.     Ozone merusak lapisan luar kulit dimana kelembaban kulit berkurang

2.     UVA dan UVB menyebabkan kerusakan pada lapisan terdalam sehingga memicu terbentuknya kerut dan penuaan dini.

3.     Radikal bebas: polusi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini